Hadis yang Memperingatkan kepada Mereka yang Mengejar Jabatan

oleh -72 views

Pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden adalah pertunjukan bagaimana orang-orang berebut jabatan. Begitu presiden terpilih, maka rebutan berlanjut. Penyusunan kabinet bakal diwarnai lobi-lobi keras untuk berebut menduduki posisi menteri dan seterusnya.

Lalu, bagaimana sejatinya Islam memandang kondisi seperti itu? Ada sebuah hadis yang mengingatkan kita: Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

وعن أَبي هُريرة أنَّ رسولَ اللَّه ﷺ قَالَ: إنَّكم ستحرِصون عَلَى الإمارةِ، وستَكُونُ نَدَامَةً يَوْم القِيامَةِ رواهُ البخاري

”Sesungguhnya kalian akan berlomba-lomba mendapatkan jabatan, padahal kelak di akhirat akan menjadi sebuah penyesalan ….” (HR Bukhari)

Link Banner

Mengejar jabatan, harta, ataupun kedudukan tidak dilarang, sepanjang hal tersebut didapatkan dengan cara-cara elegan, fair, dan berlandaskan kepada etika dan moral, serta sesuai dengan keahlian dan profesinya. Apalagi jika orang tersebut bisa dipercaya keamanahannya.

Baca Juga  Pendeta Gilbert Minta Maaf kepada Umat Islam Usai Singgung Zakat dan Salat saat Ceramah di Gereja

Hal ini sebagaimana pernah terjadi pada Nabi Yusuf AS, ketika beliau melihat kesengsaraan rakyat Mesir di tengah kesuburan tanahnya. Beliau saat itu merasakan terjadinya salah urus dari pejabat negara yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyat.

Lalu, beliau meminta dijadikan sebagai pejabat yang mengurus urusan kesejahteraan masyarakat. Hal ini seperti dinyatakan dalam Al-Quran dalam Surat Yusuf ayat 55:

No More Posts Available.

No more pages to load.