Harita Nickel Serahkan Kantor Kecamatan Obi dan Ambulans Laut ke Pemkab Halsel

oleh -82 views

Usman menambahkan Kantor Camat Obi juga akan dijadikan kantor bupati kedua, selain di Ibu Kota Kabupaten, sehingga ketika berkunjung ke Obi dirinya bisa berkantor. “Saya akan jadikan kantor Camat Obi ini sebagai kantor kedua saya ketika mengunjungi Obi. Saya akan perintahkan Kabid Aset untuk mengadakan meubeler saya di lantai dua kantor ini,” kata Usman.

Tentang Harita Nickel

Harita Nickel merupakan bagian dari Harita Group yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Selain memiliki IUP Pertambangan, perusahaan sejak 2016 telah memiliki pabrik peleburan (smelter) nikel saprolit dan sejak 2021 juga memiliki fasilitas pengolahan dan pemurnian (refinery) nikel limonit di wilayah operasional yang sama. Kedua fasilitas tersebut hadir untuk mendukung amanat hilirisasi dari pemerintah Indonesia dengan memanfaatkan hasil tambang nikel dari Trimegah Bangun Persada (TBP) dan Gane Permai Sentosa (GPS).

Baca Juga  Diduga Terlibat Suap Kasus Abdul Gani Kasuba, Boss Tambang Setyo Mardanus Dicecar KPK

Melalui Halmahera Persada Lygend (HPAL), Harita Nickel menjadi pionir di Indonesia dalam pengolahan dan pemurnian nikel limonit (kadar rendah) dengan teknologi High Pressure Acid Leach. Teknologi ini mampu mengolah nikel limonit yang selama ini tidak dimanfaatkan menjadi produk bernilai strategis, yaitu Mixed Hydroxide Precipitate (MHP). Dengan tahap proses berikutnya yang juga sedang dikembangkan oleh Harita Nickel, MHP akan diolah lebih lanjut menjadi Nikel Sulfat (NiSO4) dan Kobalt Sulfat (CoSO4) yang merupakan bahan baku baterai kendaraan listrik. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.