JCH Kloter 15 Embarkasi Makassar Lakukan Pemotongan Dam dan Ziarah ke Jabal Tzur

oleh -3 views

Porostimur.com, Makkah – Jemaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 15 Embarkasi Makassar pada Selasa (28/5/2024) kemarin, telah melakukan pemotongan Dam dan ziarah. Pembimbing Haji Daerah (PHD) Kloter 15 Embarkasi Makassar Machmud Zulkiram, mengatakan, kegiatan ini berjalan dengan penuh khidmat dan menjadi momen penting bagi jemaah dalam menjalankan rangkaian ibadah haji dengan penuh kebersamaan.

Machmud Zulkiram menjelaskan, jemaah haji Kloter 15 Embarkasi Makassar yang terbagi dalam rombongan 7, 8, 9, 10, dan 11 bergerak menuju tempat pemotongan Dam di wilayah Hudaibiyah pada pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Proses pemotongan Dam dilakukan dengan tertib dan sesuai dengan syariat Islam, sebagai bentuk ketaatan dan penebusan bagi jamaah yang memerlukan.

Baca Juga  WBP LPP Ambon Antusias Berlatih Hadrat

“Dam secara bahasa berarti mengalirkan darah dengan menyembelih hewan kurban yang dilakukan pada saat melaksanakan ibadah haji. Secara istilah, Dam haji adalah denda yang wajib dibayar oleh jemaah haji karena melanggar larangan haji atau meninggalkan kewajiban haji. Dam sering dilaksanakan oleh jemaah haji Indonesia karena kebanyakan jemaah haji Indonesia mengambil haji tamatu (mengerjakan umrah sebelum haji),” ujarnya.

Zulkiram bilang, selesai pemotongan Dam, jamaah melanjutkan ziarah ke beberapa tempat bersejarah, seperti Jabal Tsur dan Jabal Nur. Di mana selama perjalanan, muthowwif memberikan penjelasan mendetail tentang sejarah kedua gunung tersebut dari dalam bus. Jamaah mendengarkan dengan khidmat penjelasan mengenai peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Jabal Tsur dan Jabal Nur, yang menjadi bagian penting dari sejarah Islam.

No More Posts Available.

No more pages to load.