Kelelahan di laut, Veyt berhasil diselamatkan tim SAR

@Porostimur.com | Ambon : Setelah kelelahan dan hanyut di laut tanpa bantuan, Warga Negara Asing (WNA) asal Belgia, Jesse Veyt (32), akhirnya diselamatkan oleh tim Rescue Pos SAR Tual, Jumat (19/10), sekitar pukul 01.40 Wit.

Veyt ditemukan pada koordinat 06⁰02’12”S -132⁰13’14”E  dalam keadaan selamat dan kemudian dievakuasi dengan menggunakan KN SAR 242 Bharata ke dermaga Pelabuhan Perikanan Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Jumat (19/10) sekitar pukul 04.40 Wit.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor SAR (Kakansar) Ambon, Muslimin,S.Sos, saat berhasil dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, sehari sebelumnya, Kamis (18/10), istri korban sekaligus pegawai pada Dinas Pariwisata Kota Tual, Lussy, melaporkan bahwa yang bersangkutan menggunakan perahu long boat kayak mengalami kelelahan dan meminta bantuan SAR, pada pukul 20.45 Wit.

Veyt sendiri sedang dalam perjalanan dari Tanimbar menuju Tual, Kamis (18/10) dan mengalami kelelahan serta meminta bantuan SAR pada pukul 20.15 Wit.

Veyt disebutkan menghalami musibah kelelahan ini pada koordinat 06°3’19” S – 132°15’39″E, dengan jarak dari Pelabuhan Perikanan Tual sekitar 44 km, dengan arah 228,33° barat daya.

Usai menerima laporan dimaksud, tegasnya, tim Rescue Pos Sar Tual beserta unsur potensi SAR dengan menggunakan Kapal KN.SAR 242 Bharata, menuju lokasi untuk melakukan pencarian, sekitar pukul 21.46 Wit.

Sementara unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini, akunya, terdiri dari tim Rescue Pos SAR Tual, tim Polres Kabupaten Malra, tim Polairud Kabupaten Malra dan tim Dinas Pariwisata Kota Tual.

Dengan ditemukan dan dievakuasinya Veyt ke Kota Tual ini, tambahnya, operasi SAR pencarian atas dirinya pun dinyatakan ditutup.

”Operasi SAR dinyatakan ditutup dan masing-masing unsur SAR yang terlibat dikembalikan lagi kepada satuannya diiringi ucapan terima kasih,” pungkasnya. (keket)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: