Kisah Keislaman Abu Dzar yang Berhasil Bawa Kaum Ghifar Jadi Muslim

oleh -17 views

Abu Dzar RA adalah sahabat Rasulullah SAW yang termasuk golongan pertama memeluk Islam sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat. Ia sosok yang meyakini bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT.

Imam Al Baihaqi meriwayatkan dari Imam Al Hakim dengan sanadnya dari Abu Dzar RA, berkata, “Aku adalah orang keempat yang masuk Islam. Sebelumku telah masuk Islam tiga orang, dan aku yang keempat. Aku mendatangi Rasulullah SAW seraya mengucapkan Assalamu’alaika wahai Rasulullah. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Pada waktu itu aku menyaksikan keceriaan pada raut muka Rasulullah SAW.”

Baca Juga  Polsek KPYS Ambon Sita 540 Liter Miras Tradisional Jenis Sopi di Pelabuhan Gudang Arang

Kisah masuk Islam Abu Dzar RA dijelaskan secara detail dalam Shahih Sirah Nabawiyah karya Ibnu Katsir yang diterjemahkan oleh M. Nashiruddin Al Albani. Abu Dzar RA adalah seorang dari kalangan kaum Ghifar yang dikenal sebagai orang-orang yang gemar merampok.

Suatu hari, Rasulullah SAW mengirimkan utusan untuk menemui Abu Dzar RA dengan tujuan mengajak ia memeluk Islam. Namun, ia tak langsung berangkat ke Makkah melainkan mengutus saudaranya mencari informasi tentang Rasulullah SAW.

Telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA berkata, “Ketika utusan Rasulullah SAW tiba pada Abu Dzar, dia berkata pada saudaranya, ‘Pergilah ke arah lembah ini, dan mintalah keterangan dari orang yang menganggap dirinya sebagai seorang nabi yang diberikan wahyu dari langit. Dengarkanlah dari ucapannya, kemudian datanglah padaku.’ Lalu saudaranya berangkat hingga ia menemui dan mendengarkan ucapan Rasulullah SAW. Kemudian ia kembali ke Abu Dzar dan berkata padanya, ‘Aku melihat nabi mengajarkan akhlak mulia dan memberikan kalimat yang bukan dari syair.’

No More Posts Available.

No more pages to load.