Laturua : Visi-Misi Jadi Wadah Uji Keseriusan Figur Dari NasDem

oleh -58 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Tahapan pemaparan dan pemahaman visi dan misi bakal calon kepala daerah, menjadai tahapan yang sangat penting.

Pasalnya, keseriusan bakal calon atau figur yang akan diusung, benar-benar akan diuji dalam tahapan ini.

Sehingga, bakal calon atau figur yang sudah melalui tahapan ini biasa sinilai serius dengan niatannya mencalonkan diri sebagai kepala daerah dengan menggunakan perahu politik sekelas Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Hal ini ditegaskan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Maluku, Hamdani Laturua, kepada wartawan, di sela-sela pemaparan visi-misi bakal calon dan figur yang akan mencalonkan diri menjadi kepala daerah, di Sekretariat DPW Partai Nasdem Provinsi Maluku, Rabu (6/11).

”Harapannya, putra-putri terbaik dari kabupaten/kota yang berkehendak mencalonkan dirinya sebagai calon bupati atau sebagai wakil bupati, kalau serius datang dan lakukan sesuai mekanisme, karena semua partai politik seperti ini. Kalau tidak datang pasti dia hanya datang untuk meramaikan bursa pencalonan,” ujarnya.

Baca Juga  Konsumsi Shabu, Bendahara PUPR Malut Diciduk BNN

Menurutnya, tahapan ini bukanlah penjaringan resmi partai politik yang digawangi Surya Paloh itu.

Bahkan, tegasnya, momentum dimaksud juga tidak berkaitan dengan kongres nasional NasDem yang akan digelar tanggal 11 November 2019 mendatang.

”Bukan tahapan penjaringan, tapi dari pemahaman visi dan misi. Pemahaman visi dan misi ini tidak ada hubungan dengan kongres. Pemahaman visi dan misi ini berhubungan dengan pemilihan kepala daerah. Cuma kebetulan pentahapannya waktu itu berdekatan dengan waktu kongres,” tegasnya.

Tentang kongres dimaksud, akunya, pihaknya sudah bersepakat akan mengaklamasikan Surya Paloh sebagai ketua umum periode berikutnya.

”Kalau bicara dengan kongres kita akan membicarakan yang pertama Garis Akus Besar Haluan Partai (GABHP) dan anggaran besar rumah tangga. Dan yang paling inti mengaklamasikan Pak Surya Paloh sebagai Ketua Umum pada periode selanjutnya. Selain itu juga merayakan hari ulang tahun partai Nasdem yang jatuh pada 11 November 2019,” jelasnya.

Baca Juga  Antisipasi Arus Balik, Polda Perpanjang Pengamanan Pasca Operasi Ketupat Kie Raha

Khusus ungtuk hasil pemaparan dan pemahaman visi-misi tadi, terangnya, pihaknya akan segera memasukkannya kepada DPP Partai NasDem di Jakarta, besok.

”Lusa kami sudah membawakan dokumen yang ada dan diberikan kepada dewan pimpinan pusat (DPP). Termasuk yang belum sempat memaparkan visi dan misi,” akunya.

Ditambahkannya, dalam tahaan dimaksud juga dilakukan penilaian oleh tim penjaringan.

Meski demikian, tambahnya, pihaknya juga tidak mengetahui figur yang mendapatkan peringkat tertinggi dalam pemaparan dan pemahaman visi-misi tadi.

”Dalam semua pentahapan ada nilai bonusnya, soal bonus perlengkapan dan administrasi. Semua ada cheklist tentang keberadaan dia ikut atau tidak dan ada great atau nilai pentahapan. Kalau soal nama dan berapanya, hanya ketua tim penjaringan yang tau,” pungkasnya. (keket)