Mau Coba Protective Style? Cara Ini Bikin Rambut Kamu Tetap Keren dan Sehat

oleh -79 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Istilah protective style umumnya digunakan untuk merujuk pada rambut bergaya Afro, yang merupakan gaya rambut untuk menutupi rambut dan membuatnya bebas dari gaya rambut lainnya. Jenis-jenis protective style ada kepang, rambut gimbal dan lilitan. Gaya rambut ini akan membuat kamu tanpa beban, karena kamu tidak repot untuk merapikan dengan catokan atau hairdryer.

Dengan protective style, rambut kamu sudah ditata untuk kamu bergaya, jadi kamu enggak ribet memikirkan “mau penampilan rambut seperti apa hari ini?”. Namun protective style ini terkadang membuat ketegangan di kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe bahkan masalah yang lebih serius pada kulit kepala.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga rambut tetap bersih dan sehat, kalau kamu tidak membersihkan, melembapkan dan menenangkan kulit kepala dengan produk pelembap. Maka akan menyebabkan gatal, ketombe bahkan jamur. Agar terhindar dari masalah itu, kamu bisa menggunakan cara-cara ini:

Hindari Teknik Mengepang yang Terlalu Kencang

Menggunakan teknik kepang rambut kencang memang akan membuat protective style kamu semakin sempurna.
Hindari Teknik Mengepang yang Terlalu Kencang/instagram.com/jourdandunn

Menggunakan teknik kepang rambut kencang memang akan membuat protective style kamu semakin sempurna. Tapi teknik ini bisa menjadi salah satu masalah utama yang menyebabkan masalah kulit kepala yang parah.

Karena kepang ini memberikan ketegangan yang besar pada untaian rambut kamu, seiring waktu batang rambut bisa lepas dari epitel folikel rambut yang menyehatkan rambut. Proses ini menyebabkan pembengkakan kulit di sekitar folikel rambut, tampak seperti tonjolan rambut.

Baca Juga  Buka UNBK, Gubernur Maluku Minta Siswa Fokus Kerjaan Soal

Peradangan yang menyebabkan pembengkakan ini juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Jadi untuk menghindarinya, cara paling efektif adalah melonggarkan kepangan rambut yang terlalu kencang. Ketika kamu sedang memasang protective style, kamu bisa meminta stylist untuk mengepang sedikit lebih longgar untuk menyelamatkan kulit kepala kamu sebelum timbul masalah.

Luangkan Waktu untuk Perawatan Kulit Kepala

Ini merupakan cara yang sederhana, selalu pastikan untuk keramas secara teratur.
Luangkan Waktu untuk Perawatan Kulit Kepala/instagram.com/aliciakeys

Ini merupakan cara yang sederhana, selalu pastikan untuk keramas secara teratur setidaknya seminggu sekali. Jangan lupa untuk gunakan kondisioner yang akan membantu melembapkan rambut setelah keramas.

Kulit kepala kamu masih melepaskan sel secara teratur dan minyak alami dari kulit kepala serta kotoran yang harus dihilangkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut yang kuat.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Di Aru, Koorsahli Kasad Tinjau Progam TMMD Ke-110 TA.2021 Kodim 1503/Tual

Tapi kalau kamu merasa penggunaan tea tree oil atau minyak lainnya bermanfaat untuk kesehatan rambut enggak ada salahnya untuk mengaplikasikannya sesekali. Selalu ingat, bahwa penggunaan minyak secara rutin tanpa keramas secara rutin bisa menyebabkan penumpukan. Sehingga membuat jamur di kulit kepala kamu semakin parah, gunakanlah secukupnya!

Pastikan Kulit Kepala Sehat

Jika kulit kepala kamu dalam kondisi buruk saat mengenakan protective style, itu akan menjadi lebih buruk bagi kesehatan kulit kepala.
Pastikan Kulit Kepala Sehat/instagram.com/willowsmith

Jika kulit kepala kamu dalam kondisi buruk saat mengenakan protective style, itu akan menjadi lebih buruk bagi kesehatan kulit kepala. Pertimbangan terlebih dahulu untuk menemui dokter kulit baru kamu bisa memutuskan untuk menggunakan protective style. Sebelum dikepang, cobalah wig terlebih dahulu karena ini adalah cara yang bagus untuk menyamarkan masalah rambut atau kulit kepala.

Baca Juga  Prediksi Liga Champions Real Madrid Vs Monchengladbach: Laga Hidup Mati

Seorang dokter kulit spesialis kulit kepala, Hicks Graham, mengatakan menggunakan gaya rambut crochet lebih baik untuk kulit kepala yang bermasalah dari pada gaya traditional weave atau heavier braids. Karena ini merupakan gaya yang sederhana untuk membersihkan kulit kepala dan mengaplikasikan produk kulit kepala.

Gunakan Produk yang Menutrisi Rambut

Ketika kamu menggunakan protective styles, kamu bisa gunakan sampo ketombe dengan ketoconazole dan zinc pyrithione.
Gunakan Produk yang Menutrisi Rambut/instagram.com/beyonce

Ketika kamu menggunakan protective styles, kamu bisa gunakan sampo ketombe dengan ketoconazole dan zinc pyrithione. Kedua kandungan itu agak membantu untuk menjaga kesehatan kulit kepala saat mengenakan protective style.

Tapi karena kandungan tersebut mengandung deterjen yang keras dan berbau obat, disarankan juga gunakan sampo bebas sulfat agar tekstur rambut tidak terasa keras dan kering. Kamu juga bisa menggunakan sampo yang mengandung asam glikolat dan salisilat, karena dua bahan itu sering digunakan dalam perawatan kulit kepala sebagai eksfoliasi lembut. (red/beautynesia)