Menag Rencanakan KUA Dapat Layani Semua Agama, Bukan Hanya Islam

oleh -16 views

Porostimur.com, Jakarta – Kantor Urusan Agama (KUA), selain menjadi tempat pencatatan pernikahan bagi umat muslim, rencananya juga sebagai tempat pencatatan pernikahan bagi umat nonmuslim. Selama ini, nonmuslim mencatatkan pernikahannya ke Pencatatan Sipil.

“Kita sudah sepakat sejak awal, bahwa KUA ini akan kita jadikan sebagai sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama. KUA bisa digunakan untuk tempat pernikahan semua agama,” ucap Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam Rapat Kerja Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam bertajuk ‘Transformasi Layanan dan Bimbingan Keagamaan Islam sebagai Fondasi Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan’ di Jakarta, Jumat (23/2/2024).

“Sekarang ini jika kita melihat saudara-saudari kita yang non-muslim, mereka ini mencatat pernikahannya di pencatatan sipil. Padahal, itu harusnya menjadi urusan Kementerian Agama,” kata Menag Yaqut.

Baca Juga  Rabu Besok PDIP Maluku Mulai Buka Penjaringan Balon Kepala Daerah

Dengan mengembangkan fungsi KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan agama selain Islam, Menag berharap data-data pernikahan dan perceraian bisa lebih terintegrasi dengan baik.

Link Banner

Menag juga berharap aula-aula yang ada di KUA diizinkan menjadi tempat ibadah sementara bagi umat nonmuslim yang masih kesulitan mendirikan rumah ibadah sendiri karena faktor ekonomi, sosial, dan lain-lain.