Mengenal “Pamoi” Pernikahan Adat dari Negeri Hulaliu

oleh -707 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bagi masyarakat Desa Hulaliu, Pamoi adalah salah satu tradisi penting dan wajib dilakukan oleh seorang laki-laki yang berasal dari Negeri Hulaliu yang sudah menikah.

Yang dimaksudkan dengan Pamoi ialah, upacara nikah adat yang fungsinya untuk memasukan istri ke dalam Rumah Tua.

Hal tersebut di jelaskan oleh Yopie Laisina, salah satu orang tua adat yang menjadi juru bicara upacara Pamoi yang dilaksanakan ke dua keluarga yakni keluarga Titaley dan Taihutu, pada Senin,(22/2/2021) di Negeri Hulaliu.

“Berbicara mengenai Pamoi, itu bahasanya PA-MA-OI artinya kasih bajalang, su seng boleh ada sesuatu yang menghalangi lagi dan ini merupakan perkawinan adat yang terakhir,” ungkap Yopie.

Ia juga menambahkan, selain Pamoi ada juga Tomanusa yang wajib untuk perempuan Hulaliu, untuk memberikan sesuatu kepada Negeri dan Pemerintah Negeri, bila menikah dengan orang di luar Negeri Hulaliu.

Baca Juga  Bagaimana Ramadhan Lindsay Lohan Tahun Ini?

Adapun ia sampaikan manfaat atau keuntungan dari melaksanakan Pamoi tersebut.

“Acara ini mengandung unsur kasih, dimana orang basudara bisa bakumpul, kemudian di perkenalkan kepada keluarga, supaya dapat mengenal semua keluarga. baik itu dari pihak laki-laki maupun perempuan,” tandasnya. (valen)