NasDem Respons Anies Siap Maju Capres 2024: Gayung Bersambut

oleh -8 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya merespons Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024, jika ada partai politik yang meminangnya.

Menurutnya, pernyataan Anies itu sejalan dengan langkah politik yang telah diputuskan NasDem dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022, di mana Anies diputuskan menjadi salah satu dari tiga nama bakal capres yang berpeluang diusung NasDem di Pilpres 2024.

“NasDem kan sudah mencalonkan Pak Anies, hasil keputusan Rakernas. Tentu ini gayung bersambut, kesiapan NasDem tentu akan sudah dicalonkan oleh NasDem keputusan Rakernas itu ada responsnya,” ujar Willy seperti dilansir dari CNN-Indonesia, Sabtu (17/9/2022).

Namun begitu, dia menyatakan keputusan terkait nama capres yang bakal diusung di Pilpres 2024 akan diputuskan oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beberapa hari mendatang.

Sejauh ini, menurutnya, pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah untuk mengerucutkan nama bakal capres secara intensif.

Selain Anies, nama bakal capres yang berpeluang diusung NasDem sebagaimana hasil Rakernas 2022 ialah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Willy menyatakan nama capres yang diusung oleh NasDem nantinya tergantung pada koalisi parpol yang terbentuk. Ia mengatakan saat ini NasDem tengah melakukan penjajakan pembentukan koalisi Pilpres 2024 dengan Partai Demokrat dan PKS.

“Kita tidak mungkin hanya mencalonkan satu nama tanpa ada koalisi yang bisa memberangkatkan capres tersebut. Tentu dinamika koalisi itu menjadi penentu siapa yang akan kita usung. Itu keniscayaan untuk bisa bekerja sama satu dengan lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan proses penjajakan koalisi dengan Demokrat dan PKS, Willy berkata, kesepakatan belum tercapai sejauh ini. Menurutnya, antara partainya dengan Demokrat dan PKS baru sebatas kesepahaman.

“Tinggal tunggu kesepakatan, itu yang cukup jadi titik krusial sejauh ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Anies menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024 jika ada partai politik yang meminangnya.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika ada partai mencalonkan saya,” kata Anies seperti diberitakan Reuters di Singapura, Kamis (16/9/2022).

Dengan tidak menjadi anggota partai politik (parpol) manapun, kata Anies, hal itu memberikan dia kesempatan untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

Anies mengatakan sejumlah survei menempatkan dirinya sebagai salah satu tokoh yang akan bertarung dalam kontestasi nasional pada Pilpres 2024.

(red/cnn-indonesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.