Bapedda Buru Akan Laporkan Portal N25NEWS ke Dewan Pers

oleh -41 views
Link Banner

@Porostimur.com | Buru : Pemerintah Kabupaten Buru, melalui Bappeda akan mengadukan portal berita N25NEWS ke Dewan Pers, terkait pemberitaan media tersebut dengan judul “Diduga Dana MTQ Maluku Tahun. 2019 dimark up, jaksa diminta audit Kepala Bappeda dan Sekertaris.”

Berita yang dirilis di halaman Hukum dan Kriminal media online, N25NEWS, Edisi Sabtu, tanggal 16 Juni 2019 itu, menurut pihak Bappeda Kabupaten Buru, sangat tidak berimbang dan terkesan memfitnah, serta mencemarkan nama baik, Kepala Bappeda Kabupaten Buru, M.Najib Hentihu dan Sekertaris Bappeda, Ulfairah Bin Tahir.

Laman berita N25News, dalam berita yang dipermasalahkan itu, menulis Anggaran MTQ Maluku ke-XXVIII sebesar Rp.46 miliar lebih. Sebagiannya dikelola pihak Bapeda setempat, antara lain untuk proyek penanaman rumput dilokasi arena utama MTQ sebesar Rp. 500 juta, biaya peliputan media sebesar Rp. 300 juta lebih, termasuk biaya okomodasi dan transpotasi.

Baca Juga  Kapolri Idham Azis Sumbang 30 Ton Beras untuk Warga Terdampak Covid-19 di Kepulauan Sula

Berita tersebut menurut pihak Bappeda, dibumbui dengan kalimat. “Sayangnya anggaran sebesar ratusan juta yang disediakan panitia untuk suksesnya pelaksanaan MTQ , dugaan kuat telah ada praktek mark up dan penyimpangan yang terstruktur yang diduga kuat sengaja dilakukan Sekretaris Bapeda Ulfa atas instruksi pimpinan atas beban tugas dan tanggungjawab Bapeda atas suksesnya MTQ provinsi keXXVIII di Kabupaten Pulau Buru.”

Link Banner

Berita tersebut menurut pihak Bappeda Kabupaten Buru, dimuat tanpa ada konfirmasi. Sebaliknya N25News mengkonfirmasi sumber anonim yang disebut sebagai sumber terpercaya yang menyatakan bahwa: “berdasarkan data yang didapat di lapangan terdapat beberapa item transaksi pengeluaran yang digunakan dalam bentuk proyek penanaman rumput pada lokasi alun-alun Bupolo yang dijadikan sebagai arena utama pembukaan MTQ sebesar Rp 500 juta”.

Baca Juga  Gelar Rapimda, Partai Demokrat Malut Siap Sambut Pilkada Serentak

Bappeda juga mempersoalkan kalimat: “Ironisnya dalam proses lelang hingga saat ini tidak diketahui siapa pihak ketiga yang menangani proyek tersebut. Sementara yang terjadi berdasarkan informasi sumber tersebut mengakui kalau, semua rumput tanam yang ada di lokasi arena utama menjadi tanggungjawab bersama ASN Bapeda yang telah diperintahkan pimpinan agar setiap ASN berkewajiban setiap hari membawa sepenggal rumput untuk diletakkan pada lokasi yang telah disediakan.”

Sekertaris Bappeda Buru, Ulfairah Bin Tahir, mengaku telah berkonsultasi dengan pimpinan dan akan mengadukan media online N25News ke Dewan Pers di Jakarta dalam waktu dekat.

“Pimpinan telah memberi petunjuk. Selesai MTQ, kita akan mengadu ke Dewan Pers”, jelas Ulfairah Bin Tahir kepada awak media di Namlea, Senin (17/6).

Baca Juga  Bianca Andreescu. Petenis Cantik Berumur 19 Tahun yang Kalahkan Serena Williams

Menurut Ulfairah, langkah pengaukan ke dewan pers ini ditempuh, karena apa yang ditulis N25News sangat tidak punya kaidah sebagai sebuah berita, melainkan fitnahan terhadap institusi Bappeda Buru maupun terhadap Kepala dan Sekertaris Bappeda. (ima)