Pilkades Serentak Siap Digelar, KPPS Diminta Jaga Independensi

oleh -123 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari desa dan negeri di kota Ambon yang menyelenggarakan Pilkades serentak, diminta untuk bekerja secara transaparan, jujur, dan menjaga independensi, demi suksesnya penyelenggaraan Pilkades.

“KPPS harus menjaga integritas, jaga independensi, harus jujur dan transparan, karena bapak/ibu penentu penyelenggara pemilihan di tingkat desa, kalau tidak jujur dan transparan maka akan terjadi konflik,” ingat Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmase, saat membuka Pembekalan Bagi KPPS, Jumat (1/4/2022) di Hotel Marina.

Sekkot menjelaskan, tahapan penyelenggaran Pilkades saat ini sudah berjalan hingga pelaksanaan pemungutan suara di tanggal 7 April mendatang dan dipastikan pelantikan pada minggu ketiga bulan ini. Untuk itu tidak boleh ada desa/negeri penyelenggara pilkades serentak yang menyatakan mundur.

Baca Juga  Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H Digelar Sore Ini, Hilal Disebut Berpotensi Terlihat

“Proses tahapan sudah berjalan, jadi tidak boleh ada yang mundur, kalau mundur pemerintah akan bertindak tegas, alasannya apa mundur?  Niat baik pemerintah untuk menghadirkan pejabat defenitif sesuai desakan DPRD dan masyarakat, kalau sampai ada desa/negeri yang menyatakan mundur pemerintah akan ambil tindakan tegas, sehingga lima sampai enam tahun lagi baru ada kades defenitif,” tegasnya.

Dirinya menandaskan, pilkades serentak berlangsung di bulan Suci Ramadhan, oleh sebab itu, jangan dinodai oleh adanya penyimpangan penyelenggara karena kepentingan pribadi.

“Ini (Pilkades) mau jalan, jangan ada kepentingan dan ego pribadi. Ini untuk kepentingan rakyat kota Pilkades serentak harus jalan, lepaskan seluruh ego, jangan berpihak, siapapun yang terpilih nantinya, sudah ditetapkan oleh Tuhan,” tandasnya.

Baca Juga  Pemkot Ambon Ambil Kebijakan Persempit Ruang Gerak Covid-19

Acara pembekalan yang menghadirkan narasumber utama dari KPU Kota Ambon, diselenggarakan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Ambon untuk peningkatan kapasitas anggota KPPS dalam menjalankan tugasnya. (Nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.