Polres Kepulauan Sula Tangkap DPO Dana Desa Fagudu di Kendari

oleh -262 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Aparat Kepolisian Resort Kepulauan Sula berhasil membuka buronan kasus korupsi Alokasi Dana Desa Fagudu, atas nama Fitriani Umatjina Alias Fit.

Infomasi penangkapan buronan tersebut, disampaikan Kapolres Kep. Sula AKBP Tri Yulianto SIK. MSi, pada konferensi pers, di Markas Komando Polres Kep. Sula Desa Fatce Kec. Sanana Kab Kep. Sula, Senin, (16/9).

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut, Kasat Reskrim Polres Kep. Sula IPTU Paultri Yustiam SIK, KBO Reskrim Polres Kep. Sula IPDA Rizal Muhammad dan Kanit Tipikor Polres Kep. Sula IPDA Abdul Rahim Umaternate.

Kapolres Tri Yulianto mengatakan, Fitriani adalah DPO kasus Tindak Pidana Korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) Dan Dana Desa Pada Desa Fagudu Kec. Sanana Kab Kep. Sula Tahun 2016 yang telah buron selama berbulan-bulan.

Tri Yulianto menjelaskan, penangkapan Fitriani berawal dari informasi yang diperoleh dari salah seorang masyarakat di Kota Kendari, yang mengatakan bahwa dirinya melihat seorang perempuan yang dicari oleh Anggota Kepolisian Polres Kepulauan Sula, sebagaimana terdapat dalam DPO.

Baca Juga  Tiba di Ambon, Jamaah Haji Maluku Diminta Jadi Teladan Bagi Masyarakat

Orang tersebut kemudian menghubungi nomor kontak yang tercantum dalam DPO yang disebar oleh Polres Kepulauan Sula.

Mendapat laporan tersebut, Kasat Reskrim Polres Kepulauan Sula IPTU Paultri Yustian SIK, langsung memerintahkan KBO Reskrim Ipda Rizal Muhammad S.Tr.K bersama Kanit Opsnal Bripka Kadir Duwila dan dua anggota Unit Opsnal untuk berangkat ke Kendari.

Kasat Reskrim Polres Kepulauan Sula juga berkoordinasi dengan Polres Kendari, untuk penanganan lebih lanjut.

Pada hari Selasa tanggal 10 September 2019, KBO Reskrim dan Kanit opsnal beserta 2 anggota opsnal bergerak dari Kepulauan Sula menggunakan kapal laut menuju Kota Ambon.

Pada hari Rabu tanggal 11 September 2019, Tim kemudian menggunakan pesawat udara dari Ambon pukul 08.30 Wit, dan tiba di Kendari sekitar 12.15 Wita.

Baca Juga  BNPB dan ITB Temukan Zona Sesar Baru Penyebab Ribuan Gempa Maluku

Setelah tiba di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, tim bertemu dengan tim Polres Kendari Gina melakukan pengecekan, pemantauan di rumah saudara (W).

Dari hasil pantauan tim mendapatkan infomasi bahwa saudari Fitriani Umatjina Alias Fit benar berada di rumah saudara (W) dan hendak pergi ke acara pesta keluarga

Tim langsung bergerak cepat ke lokasi acara tersebut.

Setelah di lokasi acara pesta tersebut sekitar pukul 20.52 Wita tim melihat saudara Fitriani Umatjina Alias Fit dan tim langsung melakukan penangkapan.

Fitriani Umatjina Alias Fit yang DPO sudah tiga bulan itu, kemudian digiring menuju rumah tempat tinggal Fitriani Umatjina Alias Fit di kediaman Saudara (W) untuk mengamankan barang-barang bawaannya.

Baca Juga  14 Peserta Ikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Tahap Lanjutan di Pemkot Ambon

Selanjutnya yang bersangkutan digelandang ke Mapolres Kepulauan Sula guna penanganan hukum lebih lanjut.

Atas perbuatannya, Fitriani Umatjina Alias Fit, diancam dengan Pasal 2 Ayat (1) dan atau pasal 3 Jo Pasal 18 Undang – Undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo pasal 55 ayat 1 KUHP Pidana di pidana penjara seumur hidup atau pidana paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp. 200.000.000 (Dua Ratus Juat Rupiah) dan Paling Banyak Rp. 1.000.000 000 (Satu Milyar) (raka)