Raih 403 Poin, Dosen Honorer IAIN Ambon Ini Jadi Top Score SKD CPNS Kemenag di Maluku

oleh -255 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Kementerian Agama (Kemenag) di Provinsi Maluku berakhir pada Jumat (31/1) dini hari.

Dalam rekrutmen CPNS Tahun 2019 dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) kali ini yang dilangsungkan selama lima hari pelaksanaannya, sejak 27 – 31 Januari 2020, salah seorang Dosen Honorer Fakultas Ilmu Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Rizal Hatapayo berhasil meraih nilai tertinggi dari ratusan peserta SKD yang lolos passing grade.

Pria berumur 30 tahun ini menjadi top score dengan mencetak nilai SKD sebesar 403 poin.

Rizal Hatapayo mengambil formasi Widyaiswara di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Ambon. Ia memperoleh nilai cukup fantastis, masing-masing terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 110, Tes Intelegensi Umum (TIU) 145, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 148.

“Ini semua karena berkat usaha, terpenting mau belajar dari youtube bagaimana cara menyelesaikan soal-soal yang ada,” ujar Rizal saat ditemui media ini di halaman Kantor UPT BKN Ambon, Jumat (31/1).

Baca Juga  Dua Lipa Tampil Di AMAs 2020 Dari Royal Albert Hall

Rizal mengikuti ujian pada hari terakhir untuk jadwal Kemenag di Maluku. Ia berkompetisi bersama ratusan peserta lainnya di sesi ketiga pada pukul 15.00 WIT dan selesai sekitar pukul 16.30.

Kepada peserta yang belum berhasil lolos SKD CPNS, Rizal Hatapayo juga sedikit membagi tips untuk membantu menyelesaikan soal dengan mudah.

“Kalau saya kerjakan soal yang mudah dipahami dulu, dari TKP, TWK dan kemudian selesaikan soal  TIU yang sulit itu di menit terakhir,” tandasnya berbagi. (angel/inmas)