Saniri dan Masyarakat Negeri Wailulu Tolak Pengukuhan Raja

oleh -255 views

Porostimur.com, Masohi – Saniri bersama masyarakat Negeri Wailulu menyatakan sikap menolak dengan keras agenda Prosesi Adat Pengukuhan Raja Negeri Wailulu, Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah atas nama Husen Tounussa yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 12 November 2022 oleh Matarumah Tounussa Nakane.

Sikap tegas penolakan itu, dikatakan Ketua Saniri Negeri Wailulu Zakaria Tuhuteru semata-mata untuk menunjukkan rasa hormat terhadap proses hukum yang sedang bergulir di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Ambon dengan Nomor Perkara: 24/G/2022/PTUN.ABN.

Disampaikan Tuhuteru, agenda yang akan dilakukan secara sepihak oleh matarumah Tounussa Nakane yang mengklaim memiliki hak sebagai Matarumah Parentah di Negeri Wailulu secara nyata telah bertentangan dengan hukum adat dan kebiasaan yang hidup sejak dulu di Negeri Wailulu.

Baca Juga  Wow! Dewi Perssik Tampil Seksi dengan Busana Karya Desainer Ririn Rinura

“Saya sangat menyayangkan sikap yang akan dilakukan oleh matarumah Tounussa Nakane maupun sekelompok orang yang mengatasnamakan lembaga Saniri Negeri Wailulu, karena selaku anak adat kita harusnya menghormati proses hukum yang sedang berjalan sampai adanya putusan,” kata Tuhuteru, Rabu (9/11/2022).

Dikhawatirkan, tindakan yang akan dilakukan tersebut dapat menimbulkan gejolak sosial dan ketidakseimbangan di tengah-tengah masyarakat dan akan mengganggu kondisi Kamtibmas di Negeri Wailulu yang saat ini dalam keadaan aman atau kondusif.

No More Posts Available.

No more pages to load.