Soal Gaji Fiktif & Honor Guru Madrasah Disunat, ini Kata Kakanwil Kemenag Malut

oleh -478 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Mewakili Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, Kakanwil H. Sarbin Sehe menerima kunjungan sekaligus silaturahmi Kepala Kantor Ombudsman Perwakilan Maluku Utara, Rabu (14/04/21), di ruang kerjanya Kanwil Kemenag Malut, Sofifi.

Pertemuan dan silaturahmi ini merupakan yang pertama dilakukan oleh kedua penyelenggara negara tingkat provinsi tersebut, tentunya dalam rangka penguatan tugas dan fungsi institusi.

Dalam pertemuan diserahkan pula laporan dalam bentuk dua rekomendasi dari Ombudsman Perwakilan Malut atas dugaan “Sunat” atau pemotongan honor guru serta pembayaran honor guru fiktif pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Koititi, Kecamatan Gane Barat, Halamahera Selatan.

Kakanwil membenarkan adanya rekomendasi tersebut, dan atas rekomendasi yang disampaikan, pihak Kanwil Kemenag Malut akan segera menindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

Link Banner

“Kami menyambut baik silaturahmi ini, terkait  rekomendasi yang disampaikan, Kanwil Kemenag Malut akan segera menindaklanjuti dalam rangka perbaikan pelayanan terhadap masyarakat”, jelas Kakanwil.

Baca Juga  Dokumen Rahasia Jerman Ungkap Kejahatan HAM di Xinjiang

Atas rekomendasi tersebut Kakanwil memberikan apresiasi kepada Ombudsman karena telah peduli terhadap pelayanan di lingkungan Kanwil Kemenag Malut, baik di tingkat Wilayah, Kab/Kota, Satuan Kerja, Madrasah atupun unit pelayanan masyarakat (KUA).

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan kepada seluruh jajarannya bahwa masukan dan pengaduan merupakan bagian penting dalam rangka memperbaiki layanan kepada masyarakat, oleh karena itu Kakanwil mengajak untuk menyambut baik lembaga manapun termasuk Ombudsman yang menyampaikan laporannya, tentunya dalam rangka perbaikan pelayanan.

Sementara itu Kepala Onbusman Perwakilan Malut, Sofyan Ali kepada awak humas mengatakan pertemuan ini juga merupakan bagiaan dari koordinasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di lingkungan Kemenag Malut.

Baca Juga  Soal Biaya Baperan dan Sumber Pendanaannya, ini Kata Bupati Morotai

Sofyan meminta agar jajaran Kanwil Kemenag Malut di tingkat bawah supaya taat dan patuh terhadap standar layanan yang sudah disusun, beliau menambahkan jika standar layanan tidak dipatuhi maka akan berdampak pada mal adminsitrasi.

Oleh karenanya Sofyan berharap, di jajaran Kanwil Kemenag Malut terus dilakukan upaya-upaya pembinaan sehingga betul-betul memiliki kapasitas dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Terkait rekomendasi yang diberikan, Sofyan mengatakan bahwa hal tersebut perlu di koordinasikan kepada Kanwil Kemenag Malut agar dilakukan penyelesaian dan infestigasi lebih lanjut.

Dikatakan, jika pihak Kanwil Kemenag Malut melakukan investigasi kedepannya, dan ditemukan unsur pelanggaran pidana maka perlu direkomendasikan kepada pihak yang berwenang untuk diproses sesuai ketentuan yang ada.

Baca Juga  Aksi Tolak UU Ciptaker di Ternate Ricuh, Polisi Tangkap 19 Mahasiswa

Di akhir pertemuan, Kakanwil Kemenag Malut menyerahkan souvenir berupa Plakat Kantor Kemenag Malut sebagai tanda jalinan emosional antar institusi negara dalam rangka kerja sama dan saling memberikan informasi.

Kakanwil juga berharap kedepan pertemuan semacam ini  terus dilakukan dalam rangka menerima masukan-masukan guna perbaikan pelayanan di jajarannya.

(sarjan/inmas)