Spanyol Susah Payah Kalahkan Kroasia Hingga Extra Time

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Hasil Euro 2020 babak 16 besar antara Kroasia vs Spanyol berakhir dengan skor 3-5, keunggulan dua gol Spanyol sirna seketika di 10 menit terakhir waktu normal, namun La Furia Roja bangkit di babak perpanjangan waktu.

Berlaga di Parken Stadium Denmark pada hari Selasa (29/6) dinihari tadi, Timnas Spanyol berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor 3-5 di babak 16 besar Piala Eropa 2020 melalui babak extra time dan skuad asuhan Luis Enrique berhak melaju ke babak perempat final.

Spanyol sepenuhnya unggul di lapangan dengan dominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama, namun yang namanya sial entah kapan datangnya dan malam ini nasib sial datang saat pertandingan baru berjalan 20 menit.

Saat para pemain Spanyol tengah menguasai bola dan saling melakukan passing, Pedri memutuskan untuk mengembalikan bola ke belakang kepada kiper Unai Simon. Backpass melengkung mengarah ke sang kiper yang kemudian salah mengantisipasi bola dan luput dari kakinya dan LOS DOL (meminjam judul lagu Cak Nan) langsung masuk gawang sendiri.

Baik Pedri, sang kiper dan fans skuad Matador tercengang dengan kejadian aneh tersebut, mereka tertinggal 1-0 oleh kesialan yang tak mereka duga sebelumnya. Namun untungnya tak lama kemudian Pablo Sarabia berhasil menyelamatkan muka Luis Enrique melalui golnya di menit ke-38.

Baca Juga  Kuba Terlalu Miskin untuk Beli Vaksin, tapi Mampu Bikin Lima Vaksin Covid-19

Kroasia tidak menjaga area gawang mereka dengan baik, Jose Gaya melepaskan tembakan awal dari kiri kotak penalti yang masih berhasil ditepis oleh kiper Dominik Livakovic. Tetapi bola mengarah langsung ke Sarabia, yang langsung menghajar bola masuk gawang melewati kiper, skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu turun minum.

Skuad asuhan Luis Enrique akhirnya berhasil memimpin di menit ke-57! Mereka memang berhak menang dalam laga ini karena memang jauh lebih dominan dari Kroasia sepanjang laga. Sebuah umpan silang bagus dari Ferran Torres di sisi kiri ke arah tiang jauh, Cesar Azpilicueta menyundul bola melewati Livakovic dari jarak dekat! Ini adalah untuk gol pertamanya bagi Timnas Spanyol, skor 2-1 Spanyol memimpin!

Para Matador Spanyol benar-benar menemukan ketajaman mereka di babak kedua, Ferran Torres ikut menyematkan namanya di papan skor pada menit ke-76! Lolos di sisi kanan dan mengejar umpan jarak jauh di tepi kotak penalti. Dengan tenang ia melewati Caleta-Car dan kemudian melepaskan tembakan melewati Livakovic yang bergegas keluar dari garis gawang berusaha menghadangnya. Skor 3-1 Spanyol tampak seperti mengunci kemenangan! Namun tidak.

Baca Juga  Denzel Dumfries: Belanda Seperti Merangkai Dongeng di Euro 2020

Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke-85 dan merubah kedudukan menjadi 2-3, memberikan mereka harapan untuk menyamakan kedudukan di lima menit terakhir pertandingan. Kepanikan terjadi di kotak penalti Spanyol dan Andrej Kramaric menendang bola ke arah gawang tapi berhasil ditepis kiper Azpilicueta. Modric kemudian menyapu bola tendangan Orsic, tetapi teknologi garis gawang menunjukkan bola telah melewati garis gawang! Skor 3-2 Kroasia merapat!

Dan kemenangan di depan mata bagi Spanyol pupus seketika saat Mario Pasalic berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time menit 90+2! Umpan silang cantik dari Orsic ke dalam kotak dan Pasalic berada di antara dua bek tengah Spanyol mencari celah. Sundulan dilepaskan Pasalic dan kiper Unai Simon tidak bisa menahannya. Skor 3-3 pertandingan dilanjutkan ke babak extra time.

Baca Juga  Low Geram Lihat Permainan Jerman saat Ditahan Denmark

Timnas Spanyol berhasil bangkit dengan hebat di babak perpanjangan waktu, diawali dengan gol indah Alvaro Morata pada menit ke-100, bola kiriman Daniel Olmo disambut Morata di depan gawang Kroasia, kontrol bola dan tendangan keras dilepaskan menjebol gawang Livakovic! Skor 3-4.

Tak lama kemudian Mikel Oyarzabal menambah keunggulan menjadi 3-5 tiga menit kemudian bagi Spanyol! Daniel Olmo kembali menjadi arsitek gol ini melalui sebuah serangan balik yang membuat pertahanan Kroasia terbuka!

Kroasia nyaris mencetak gol saat mengawali extra time kedua, namun sontekan Budimir yang masih melebar tipis dari gawang Unai Simon. Alvaro Morata juga nyaris mencetak gol namun tendangan jarak dekatnya dari sisi kanan gawang masih gagal. Pertandingan pun berakhir dengan skor akhir 3-5 antara Kroasia vs Spanyol, sebuah pertandingan yang menegangkan dan Alvaro Morata dan kawan-kawan melaju ke babak perempat final Euro 2020.

(red/gilabola)

No More Posts Available.

No more pages to load.