Tahun ini Jurusan Kehutanan Unpatti Target Akreditasi A

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura Ambon menjadikan Akreditasi Program Studi yang berlangsung di bulan Oktober 2021 nanti sebagai prioritas kerja.

Hal ini dikatakan Ketua Jurusan Kehutanan, Dr. M. Tjoa, S.Hut, M.P melalui keterangan tertulis Humas Unpatti yang diterima redaksi Porostimur.com, Jum’at (22/1/2021)

“Yang menjadi prioritas utama adalah menyiapkan segala dokumen terkait standar borang akreditasi. Jurusan Kehutanan di tahun 2021 menargetkan akreditasi dari B menjadi A,” ujarnya.

Dr. Tjoa mengatakan, berbagai persiapan sudah dilakukan terkait penyiapan dokumen yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruna Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dr. Tjoa menjelaskan, dalam menghadapi kebijakan Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, ada beberapa kegiatan yang disiapkan yaitu membangun kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya Launching Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura yang telah berlangsung Sabtu, 16 Januari 2021 lalu di Café D’Lekker Ambon.

Baca Juga  Belanda Terapkan Rapid Test COVID-19 Lewat Hembusan Napas, Hasilnya Keluar dalam 1 Menit

“Kegiatan tersebut juga didalamnya membuat acara Syukuran Natal sekaligus Buka Tahun Kerja Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura tahun 2021. Jadi, Natal Jurusan Kehutanan mengusung tema Spirit of Christmas”, sedangkan Buka Tahun Kerja Jurusan Kehutanan mengusung tema Life For Forest And Community” artinya dengan Spirit Kehidupan yang diberikan, maka Jurusan Kehutanan bekerja untuk menghidupkan Hutan dan masyarakat”, tutur Dr Tjoa.

Dr Tjoa mengatakan, saat ini hutan sering mengalami Degradasi. Hal ini merupakan tanggung jawab dari Jurusan Kehutanan untuk menghidupkan kembali hutan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga tugas kami bukan hanya menyelesaikan Tri Dharma Perguruan Tinggi akan tetapi bagaiman melihat persoalan masalah hutan yang terjadi saat ini.

Ia juga menambahkan, inti dari kegiatan tersebut adalah Talk Show dengan melibatkan berbagai Stakeholder yang berada dalam lingkungan Kehutanan yakni UPT Pusat dari Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berada di Provinsi Maluku, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Balai Taman Nasional Manusela yang berada di Masohi serta semua UPT lainnya.

Baca Juga  Lagi, 1 nelayan hilang di laut MTB

“Harapannya Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Pattimura semakin bermanfaat baik secara ekologi maupun kesejahteraan masyarakat serta mendapat Akreditas A di tahun 2021,” pungkasnya. (alena)