Tenang!, Ini Tips Menghadapi Mertua yang Hobi Ikut Campur Urusan Rumah Tangga

oleh -44 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Semua orang pasti berharap mendapat mertua yang sayang sama kita, perhatian, dan tentunya tidak hobi ikut campur urusan rumah tangga anaknya. Namun tidak semua orang bisa beruntung mendapat mertua yang seperti itu, adakalanya kita terjebak oleh mertua toksik yang suka kepo terhadap hubungan kita dengan pasangan. Alhasil jika dibiarkan terlalu lama bisa menimbulkan masalah baru. Nah supaya tetap tenang, ini tips menghadapi mertua yang hobi ikut campur urusan rumah tangga kalian. 

1. Memutuskan untuk tinggal terpisah dari mertua

pasangan
pasangan bertengkar/pexels.com

Tips pertama menghadapi mertua yang hobi ikut campur urusan rumah tangga kalian yaitu, dengan memutuskan untuk tinggal terpisah. Kamu bisa mendiskusikan dengan pasangan untuk hidup sendiri. Mungkin ini keputusan yang sulit, tapi cobalah untuk ngomong baik-baik dengan pasanganmu. Gak perlu beli rumah, kalian bisa sewa atau kontrak rumah terlebih dahulu yang penting nyaman dan aman untuk ditempat tinggali. Dengan tinggal terpisah setidaknya kamu bisa lebih enak untuk mengatur rumah tangga sendiri

Baca Juga  Mochtar Djumati Pimpin Tim Koalisi Bagus di Pilwakot Tikep

2. Mendiskusikan dengan pasangan

pasangan sedang marah
pasangan sedang marah/pexels.com

Tips selanjutnya menghadapi mertua yang suka ikut campur urusan rumah tangga yaitu, kamu bisa mendiskusikannya dengan pasangan. Kalian bisa bicara dari hati ke hati, katakan  selama ini kamu merasa tidak nyaman dengan perlakuan mertua yang selalu ingin tahu urusan rumah tangga kalian. Kalau pasanganmu sosok yang dewasa ia akan mencari solusi terbaik dari masalah ini dan mulai sepakat untuk tidak mengumbar-umbar masalah pribadi ke orang lain termasuk mertua.

3. Hindari konflik dengan mertua

mertua
mertua/pexels.com

Gak bisa ditampik ketika mertua atau orang lain suka ikut campur urusan rumah tangga pasti kita bisa termakan emosi. Namun jangan keburu emosi ya, hormatilah mertua seperti  menghormati orangtua sendiri. Kamu bisa menghadapinya dengan tenang, hindari melakukan perdebatan yang berakhir kesia-siaan, dan tentunya lebih banyak bersabar. Memang kita yang lebih muda ingin sekali membela diri, namun cuek saja gak usah terlalu dipikirkan sebab yang tahu bagaimana rumah tangga kalian yang kamu sendiri dan pasangan bukan orang lain. 

4. Coba memahami apa yang mertua mau

mertua dan menantu
mertua dan menantu/pexels.com

Tips selanjutnya yaitu dengan mencoba memahami apa sih keinginan mertua itu. Mungkin mertua punya maksud baik dibalik sikapnya yang cenderung ikut campur dalam hubungan kalian. Hanya saja caranya dalam menyampaikan yang sedikit tidak tepat atau keliru. Maka janganlah langsung berburuk sangka, coba kamu pahami pelan-pelan apa keinginannya siapa tahu bisa membuat hubungan kalian jadi lebih baik lagi. So, jangan keburu emosi ya! 

Baca Juga  Sultan Tidore Ajak Warga Maluku Utara Jaga Suasana Kondusif Selama Tahapan Pilkada

Itulah girls tips menghadapi mertua yang hobi ikut campur dalam rumah tangga kalian. Semoga tips di atas bisa membantumu, ya! 

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.