Terkesan Sederhana, Justru Ini Makna Besar yang Tersembunyi dari Sepenggal Kata ‘Maaf’

oleh -20 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Meminta maaf memang mudah dan sederhana untuk dilakukan. Saat berbuat salah, dengan mudahnya kita meminta maaf meskipun untuk beberapa orang yang kurang bisa mengintropeksi diri atau mungkin gengsi, kata maaf akan terasa berat diucapkan.

Pentingnya Meminta Maaf

Pentingnya Meminta Maaf
Pentingnta Meminta Maaf/Pexel/Liza Summer

Sederhana memang, bahkan seringkali kita menganggap sebuah kesalahan kecil sebagai sesuatu yang sepele sehingga kata maaf tidak diperlukan.

Padahal tahukah kita bahwa meminta maaf itu penting dan kesalahan sepele yang kita lakukan bisa menjadi besar di kemudian hari.

Misalnya saja, seringkali kita bercanda dengan teman, namun karena kita menganggap sudah biasa kita merasa tidak perlu mengucapkan maaf.

Padahal kita tidak tahu, apakah teman kita tersinggung dengan kata-kata kita atau bahkan terlukai hatinya.

Baca Juga  Pangdam Pattimura Memotivasi Peserta Penataran Kader Bela Negara

Faktanya, seringkali hal yang kita anggap sepele ini malah menjadi masalah besar di kemudian hari.

Makna Besar dari Kata Maaf yang Tidak Kita Sadari

Makna Kata Maaf
Makna Besar dari Kata Maaf yang Tidak Kita Sadari/Pexels/Alex Green

Mengucapkan maaf itu memang mudah, tapi yang meminta maaf dengan tulus dan penuh kesadaran saat mengucapkannya saja yang jarang dimiliki orang.

Hal yang sering tanpa kita sadari adalah meminta maaf tanpa menyadari bahwa yang kita ucapkan itu memang salah tapi tetap kita lakukan.

“Maaf jika lancang”, “maaf jika tidak sopan”, “maaf jika tersinggung”, “maaf jika tidak berkenan”, dan kata maaf lainnya yang kita gunakan sebagai pembuka pertanyaan.

Baca Juga  Anak Ajaib Liga Champions itu Kembali Melukai Inter Milan

Makna kata maaf tersebut tanpa disadari kita sebenarnya sudah tahu bahwa pertanyaan yang akan kita lontarkan memang akan membuat orang tersebut tersinggung atau kurang berkenan, bahkan mungkin bisa saja melukai hatinya.

Tanda toxic masculinityMeminta Maaf/ Foto: Pexels.com/Budgeron Bach

Memang banyak orang yang berkenan untuk menjawab pertanyaan kita tersebut, tapi jika kita renungkan manfaat dari pertanyaan tersebut bagi kita. Jika hanya ingin memenuhi rasa ingin tahu atau malah menjadi bahan untuk kita sampaikan bagi orang banyak sehingga menjadi gosip, bukankah hal tersebut malah akan menjadi masalah besar?

Maka dari itu, meminta maaf itu memang penting tapi jangan jadikan kata maaf sebagai tameng untuk kita menyakiti orang lain sehingga menimbulkan masalah besar. So, penting juga ya bagi kita untuk mengetahui berbagai makna besar dari kata maaf yang kita ucapkan.

Baca Juga  DPC Partai Hanura Siap Mendaftarkan Pasangan DAMAI ke KPUD Halbar

Kita bisa memulainya dari hal kecil, jika maaf yang kita ucapkan kita gunakan untuk membuka pertanyaan, maka pikirkan kembali adakah dampaknya bagi kita ataupun lawan bicara kita.

Meminta maaf memang mudah, tapi pahamilah makna besar dari kata maaf dan meminta maaflah dengan tulus dan penuh kesadaran ya.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.