Umat Muslim Malra Salat Idhul Adha di Masjid Dengan Prokes Ketat

oleh -24 views
Link Banner

Porostimur.com | Langgur: Jelang Hari Raya Idhul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara, mengumumkan mengizinkan warga Muslim melaksanakan Salat Idul Adha 1442 Hijriah, di masjid setempat dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Hal tersebut disampaikan langsung Bupati Maluku Tenggara Hi. Muhamad Thaher Hanubun pada saat mengikuti Live Podcast di RRI Tual, Senin(19/7/2021).

“Jadi Kami sudah menyepakati bahwa masyarakat Malra, khususnya umat Muslim, diperbolehkan melakukan Shalat Idul Adha secara berjamaah di masjid-masjid setempat, namun dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata orang nomor satu di Maluku Tenggara ini.

Dia juga mengatakan, keputusan yang dibil Pemda Malra telah mencermati perkembangan kasus penularan COVID-19 serta melakukan rapat koordinasi dengan perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Forum Kerukunan Umat Beragama, Majelis Ulama Indonesia, dan Kantor Kementerian Agama.

Selain itu, Hanubun dalam kesempatan itu juga terang-terangan menegaskan bahwa tidak memperbolehkan pelaksanaan malam takbiran yang dilakukan dengan pawai Jalan kaki keliling, dan konvoi kendaraan.

Baca Juga  IAIN Ambon Wisuda Ratusan Sarjana S1 & S2

“Malam takbiran ingat, kita sementara dalam kondisi Pandemik sehingga tidak diperbolehkan untuk melaksanakan Pawai dan konfoi, boleh dilaksankan hanya di masjid-masjid”

“Dan untuk peryaan sholat hanya diperbolehkan untuk jemaah dengan usia 17 sampai 59 tahun saja, kemudian tidak diperbolehkan lagi warga yang baru dari luar daerah, ibu hamil, serta warga yang tidak dalam kondsi sehat untuk mengikuti shalat berjamaah,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu juga Hanubun juga mengingatkan bahwa pentingnya penyediaan alat pendukung protokol kesehatan juga tetap disediakan di setiap masjid.

“Nah untuk pembatasan banyaknya jemaah yang hadir nantinya, harus 30 persen disesuaikan dengan kapasitas ruangan, dan jarak Shaf orang per orang 1,5 meter, itu sudah sangat baik”, kata Hanubun.

Baca Juga  Pemkab Malra Segera Lakukan Penyetaraan Jabatan Eselon IV

“Lalu ingat lagi agar pengurus masjid selalu sediakan Alat Pengukur suhu tubuh, Handzanitiser dan tempat mencuci tangan sebelum jemaah melakukan shalat, dan itu wajib”, imbuhnya.

Menutup pembicarannya, Bupati Malra juga meminta kepada para pimpinan kecamtan dan Pj. kepala desa dan kepala desa, agar selalu memantau pelaksanaan Shalat Idul Adha di masing-masing wilayah serta selalu berkoordinasi dengan aparat TNI dan POLRI dalam menjaga Kamtibmas selalu kondusif.

“Harus ingat pentingnya disiplin warga dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, yakni selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas jika tidak ada urusan mendesak”, pungkas Hanubun. (marlon)

No More Posts Available.

No more pages to load.