Viral Mural ‘Jokowi 404 Not Found’ vs ‘Bruderkuss’

oleh -93 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengunggah foto salah satu mural ikonik karya Dmitri Vrubel berjudul ‘May God Help Me To Survive This Deadly Love’ di akun Twitter @Bekahapsara, Sabtu (14/8/2021).

Mural tersebut, kata Beka, merupakan interpretasi dari foto berjudul ‘Bruderkuss’.

Mural itu menunjukkan salam kelompok sosialis era 70-80-an antara Leonid Brezhnev, Sekjen Partai Komunis Uni Soviet dan Erich Honecker, Pemimpin Jerman Timur.

Mural digambar di tembok Berlin, pada medio 1990 oleh Dmitri. Mural itu disebut-sebut sebagai bentuk kritik atas pemisahan Jerman Barat dan Jerman Timur.

Beka menyebut, bahwa mural tersebut melekat pada sejarah bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur.

Mural, katanya, tidak terpisahkan dalam perjuangan kemerdekaan.

Baca Juga  Klasemen Liga Inggris Setelah Pekan ke-4: MU, Chelsea dan Liverpool Ketat

Mural merupakan bagian dari perjuangan melawan ketidakadilan setelah kemerdekaan, sampai sekarang.

“Di Indonesia, mural juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia serta alat melawan ketidakadilan setelah kemerdekaan, sampai sekarang,” katanya.

Beka lewat akun Twitter @bekahapsara, dipantau Sabtu (14/8/2021), merespons cuitan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini @FaldoMaldini

Menurut Faldo, mural yang menampilkan visual mirip Presiden Joko Widodo dibenarkan, bila memiliki Izin. Akan tetapi bila tidak, maka sama dengan melawan hukum dan sewenang-wenang.

Beka merespons cuitan itu dengan mengatakan, bahwa Komnas HAM telah memiliki standar, norma, dan pengaturan soal kebebasan berpendapat, serta berekspresi, termasuk ekspresi seni.

Peraturan itu, ujarnya, bisa diunduh dan dijadikan panduan kebijakan negara, supaya ukuran yang digunakan bukan perasaan tersinggung atau tidak.

Baca Juga  KTT G20 Akan Bahas Lima Isu Utama, Termasuk Sampah Laut

Sebelumnya, publik dibuat heboh dengan adanya mural mirip wajah Jokowi di kawasan Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Tidak lama setelah itu, aparat menghapus mural tersebut.

Murah tersebut menampilkan visual gambar mirip wajah Presiden Joko Widodo. Pada bagian mata, wajah itu ditimpa dengan kelir merah dan ditulis 404: Not Found.

(red/bisnis)

No More Posts Available.

No more pages to load.