WFH Bikin Gampang Terdistraksi dan Sulit Fokus, Yuk Atasi dengan 3 Tips Sederhana Ini!

oleh -27 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Meskipun aktivitas mulai berangsur normal, namun tak sedikit perusahaan yang masih menerapkan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah saat pandemi COVID-19.

Bagi beberapa orang, work from home adalah anugerah tersendiri. Selain lebih fleksibel, pekerja juga dapat menghemat ongkos transportasi hingga makan siang saat WFH.

Namun di balik keuntungan tersebut, faktanya WFH juga memberikan tantangan tersendiri, salah satunya jadi lebih gampang terdistraksi dan sulit fokus saat bekerja di rumah. Mereka kesulitan untuk memisahkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Terlebih, ada banyak sekali bentuk distraksi atau gangguan saat WFH. Mulai dari bermain game, menonton televisi, hingga mengerjakan pekerjaan rumah, entah itu memasak, mencuci pakaian, hingga membersihkan rumah.

Work From Home Pengaruhi Rentang Perhatian

Sering merasa lelah bekerjaIlustrasi bekerja dari rumah/Foto: Freepik/ Diana.grytsku

Faktanya, lingkungan kerja bisa memengaruhi attention span atau rentang perhatian pekerja, tak terkecuali saat bekerja dari rumah. Dalam beberapa kasus, bekerja dari rumah bisa memberikan banyak ‘gangguan’ yang membuat kamu kesulitan untuk fokus pada pekerjaan.

“Secara neurologis otak diatur untuk beroperasi dengan berfokus hanya pada satu tugas pada satu waktu,” kata John Earl, seorang pelatih perhatian, kesejahteraan, dan kepemimpinan serta direktur Goodfoot Development, dilansir dari Metro UK.

Jadi tidak heran, ketika kamu harus melakukan banyak hal sekaligus, seperti bekerja sambil mengerjakan pekerjaan rumah, kemungkinan besar akan gagal. Dari penelitian yang dilakukan John, ia menemukan bahwa kurang dari 50 persen kemungkinan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan ketika mereka memiliki lebih dari satu fokus.

Baca Juga  Real Madrid Ingin Bawa Pulang Cristiano Ronaldo Ke Bernabeu

Namun, bukan berarti tetap fokus dan menyelesaikan pekerjaan saat WFH adalah hal mustahil ya, Beauties! Bahkan menurut John, produktivitas bisa meningkat saat WFH asal memiliki kondisi yang tepat. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Melatih Mindfulness

Mindfulness untuk jalani hidup penuh maknaIlustrasi bekerja dari rumah/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Mindfulness adalah kemampuan manusia untuk hadir sepenuhnya di masa sekarang. Dengan melakukan mindfulness, kamu secara sadar dan sengaja akan memusatkan perhatian pada apa yang dirasa dan terjadi saat itu juga tanpa berusaha melawannya.

Salah satu cara untuk meningkatkan fokus, tidak gampang terdistraksi, dan meningkatkan rentang perhatian adalah dengan latihan pernapasan.

“Salah satu teknik sederhana yang bisa Anda mulai adalah meluangkan waktu untuk mendengarkan napas Anda,” ungkap John.

“Tutup mata Anda, jernihkan pikiran Anda, dan hitung napas Anda tanpa mencoba mengubah atau mengendalikannya. Fokus pada bagaimana perasaan tubuh Anda dan suara pernapasan Anda.”

Baca Juga  Fede Valverde, Kartu AS Mematikan Zidane Lawan Atletico di Derby Madrid

Beristirahat Secara Teratur

Cara menjaga pola makan sehat saat bekerja dari rumah/Unsplash.com/Mimi ThianIlustrasi bekerja dari rumah/Foto: Unsplash/Mimi Thian

Salah satu keuntungan dari WFH adalah kamu bisa lebih leluasa dan nyaman saat beristirahat di sela-sela bekerja. Mengambil jeda dengan beristirahat saat bekerja sangat penting untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan fokus, terutama ketika kamu memiliki tumpukan pekerjaan.

Kamu bisa beristirahat dengan berbagai cara, mulai dari melakukan power nap, mencari udara segar, hingga olahraga ringan. Namun pastikan untuk mengatur durasi istirahat ya, Beauties!

Mengubah Tempat Kerja

Tips lain yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan fokus dan terhindar dari gangguan adalah dengan mengubah tempat kerja.

Menurut John, seseorang cenderung kesulitan untuk tetap fokus ketika bekerja dari satu tempat yang sama dalam jangka waktu yang panjang.

“Jika Anda memiliki sesuatu untuk dipikirkan, berjalan-jalanlah daripada duduk di kursi yang sama. Atau pindah kursi saat Anda berganti tugas,” ungkapnya. (red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.