Wih! Harga Mobil LCGC Kini Tembus Rp 184 Juta

oleh -51 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Harga mobil Low Cost Green Car (LCGC) terus merangkak. Bahkan saat ini sudah ada yang tembus Rp 184 juta, yakni Honda Brio Satya CVT. Dengan banderol harga Rp 184 juta, Honda Brio Satya CVT sekaligus menjadi mobil LCGC paling mahal di Tanah Air.

Dibandingkan dengan model lainnya, harga Honda Brio Satya CVT memang yang tertinggi. Sebagai perbandingan, Daihatsu Ayla varian tertinggi yaitu 1.2 R Deluxe AT harganya Rp 166,95 juta. Kemudian LCGC berkapasitas lima penumpang lainnya, Toyota Agya varian termahalnya dibanderol Rp 176,6 juta.

Begitu pula kalau dibandingkan dengan mobil LCGC berkapasitas tujuh penumpang seperti Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, harga Honda Brio Satya CVT masih lebih tinggi. Daihatsu Sigra paling mahal dijual Rp 171 juta, sedangkan Toyota Calya mencapai Rp 174,9 juta.

Baca Juga  Peringati Hari Buruh Nasional, Ina Mollucas Watch Gelar Dialog Publik

Kenaikan harga LCGC belakangan lumrah adanya. Sekadar informasi, Peraturan Menteri Perindustrian terbaru, harga maksimal LCGC naik dari Rp 95 juta menjadi Rp 135 juta. Hal itu berdasarkan Pasal 4 Permenperin No. 36 Tahun 2021.

Harga maksimal LCGC sebesar Rp 135 juta itu merupakan harga penyerahan ke konsumen sebelum pajak daerah, Bea Balik Nama (BBN) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Artinya, masih ada beberapa biaya yang ditanggung konsumen di luar Rp 135 juta.

Kemudian disebutkan juga produsen boleh mengusulkan penyesuaian harga jual LCGC dalam keadaan tertentu. Keadaan tertentu itu terdiri dari perubahan kondisi atau indikator ekonomi yang dicerminkan dengan besaran inflasi, kurs nilai tukar rupiah dan/atau harga bahan baku; terdapat penambahan penggunaan teknologi baru berupa teknologi transmisi otomatis; dan/atau terdapat penyesuaian standar emisi baru dan/atau penambahan teknologi pengamanan penumpang berupa sabuk keselamatan, airbag, dan/atau fitur keselamatan tambahan pada sistem pengereman.

Baca Juga  Bapenda intensifkan dan ekstensikan sumber pendapatan daerah

Adapun penyesuaian harga paling tinggi 15% untuk penyesuaian harga karena terdapat penambahan penggunaan teknologi baru berupa transmisi otomatis dan paling tinggi 10% untuk penyesuaian harga karena penambahan teknologi pengaman penumpang dan/atau penyesuaian standar emisi baru. (red/detikcom)

No More Posts Available.

No more pages to load.