4 Kisah Seorang Ibu yang Diceritakan dalam Al-Qur’an

oleh -35 views
Ilustrasi Ibunda Nabi Isa AS, Siti Maryam

Al-Qur’an adalah petunjuk untuk umat manusia, didalamnya terdapat berbagai kisah-kisah masa lalu yang menjadi pelajaran untuk umat selanjutnya. Di bawah ini kisah tentang ibu yang ada dalam Al-Quran.

Terdapat kisah-kisah luar biasa dari seorang perempuan sekaligus ibu dari para nabi mulia, kisah-kisah ini diabadikan langsung oleh Allah SWT untuk menjadi pengingat kepada hambanya bahwa kasih sayang Allah tidak terbatas hanya karena gender dan usia saja.

Seperti empat kisah ibu yang tertulis dalam Al-Qur’an ini yakni: kisah Siti Hajar ibu Nabi Ismail AS, kisah Milyanah ibu Nabi Musa AS, kisah Hanah ibu Siti Maryam, dan kisah Siti Maryam ibu Nabi Isa AS.

Baca Juga  Bupati Kepulauan Sula Fifian Adeningsi Mus Buka Bimtek PPM dan e-Kinerja ASN di Jakarta

1. Kisah Siti Hajar Ibu Nabi Ismail AS

Mengutip buku Kisah Teladan dalam Al-Qur’an karya Ahmad Laudzai dahulu dikisahkan Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar (Istrinya) telah menikah lama, namun mereka belum diberikan seorang anak pun oleh Allah SWT.

Setia waktunya Nabi Ibrahim AS tidak luput berdoa seperti ini, “Ya Allah aku berani mengorbankan apa saja, asalkan pintaku terpenuhi.” Hingga akhirnya Allah mengabulkan keinginan keduanya, Siti Hajar berhasil mengandung seorang anak yang diberi nama Ismail.

Suatu hari Nabi Ibrahim membawa Siti Hajar dan Ismail kecil ke sebuah lembah yang nantinya menjadi kota Makkah. Ketika sampai Ibrahim berpesan kepada keduanya, “Wahai istriku, tinggalah engkau bersama Ismail, di tempat ini sementara waktu, Tunggu sampai aku selesai.”

No More Posts Available.

No more pages to load.