4 Pengurus Kabupaten/Kota Tolak Hasil Konferensi Wilayah IX LMND Malut

oleh -343 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Empat pengurus kabupaten/kota menolak hasil Konferensi Wilayah Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi ( LMND ) Maluku Utara IX karena menilai tidak sesuai dengan konstitusi organisasi.

Dalam pernyataan bersama yang di rilis pada Kamis (11/11/2021), Pengurus Eksekutif Kota LMND empat kabupaten kota yaitu: Halmahera Selatan, Kota Tidore kepulauan, Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Kepulauan Morotai menilai hasil konferensi LMND Maluku Utara yang diselenggarakan pada Tanggal 5-7 Nopember 2021 cacat konstitusi, sehingga mereka sepakat untuk menolak hasil konferensi yang menetapkan Evelyn V Pinoke sebagai Ketua Wilayah LMND Maluku Utara.

“Menurut kami, sidang pleno yang tetap dilanjutkan tersebut inkonstitusional sebab dari 7 kab/Kota hanya dihadiri oleh 3 Kabupaten/Kota, yang mana hal tersebut telah dijelaskan dalam Tata Tertib Bab V Tentang Keabsahan Konferwil Pasal 5 Point’ (1) “Konfrensi Wilayah dianggap sah jika dihadiri oleh 2/3 dari jumlah kabupaten/kota” tegas Wawan Jufri.

Baca Juga  Hasil Uji Vaksin Novavax 100 Persen Cegah Kematian Akibat Covid-19

Wawan yang juga merupakan Departemen Kajian dan Bacaan LMND Halmahera Selatan juga melanjutkan bahwa berdasarkan Konstitusi LMND , struktur silayah harus diangkat dan diberhentikan dalam konferensi wilayah.

“Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga LMND Pasal 10 Tentang Eksekutif Wilayah Point’ (5) “Eksekutif Wilayah dipilih, diangkat dan diberhentikan oleh konfrensi wilayah” juga dijelaskan dalam Pasal 11 Tentang “Struktur dan tugas eksekutif wilayah”. Yang mana bahwa Ketua Wilayah, Sekretaris Wilayah, Bendahara Wilayah, Departemen Keperempuanan, Departemen Pengembangan Organisasi serta Departemen Agitasi dan Propaganda. Haruslah dipilih, diangkat dan diberhentikan oleh konferensi wilayah,” lanjutnya.

Selain dinilai Inkonstitusional, Evelyn V Pinoke yang diangkat menjadi Ketua Wilayah LMND Malut dinilai gagal dalam proses organisasi karena pernah dipecat sebagai Ketua wilayah API Kartini Malut .

Baca Juga  Mural Kritik dan Kemandulan Legislatif

” Ketua yang diangkat ini kemarin dipecat karena mencoreng nama baik organisasi, apapun alasannya Evelyn V Pynoke secara objektif telah gagal dalam memimpin organisasi API Kartini Maluku Utara dan kami juga tidak menginginkan hal tersebut harus sampai terjadi di dalam internal organisasi yang sama-sama kita cintai ini” tegas Wawan

“Kami akan tetap berkomitmen untuk tidak dipimpin oleh orang-orang yang pernah mencederai prinsip-prinsip dasar organisasi” tutup Wawan. (adhy)