5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Vespa Matic memang begitu digandrungi oleh masyarakat Indonesia, khususnya para anak muda. Desainnya yang cantik ala retro sangat menawan ketika melaju di jalanan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa menikmati ‘keindahan’ Vespa Matic karena harganya yang dirasa belum cukup terjangkau.

Walaupun begitu, ternya ada banyak motor skutik retro yang menawarkan harga yang cukup kompetitif, lho. Sebagai referensi untuk kamu yang ingin beralih ke skutik retro, berikut daftar skutik retro murah yang kami rangkum selengkapnya di bawah ini.

1. Honda Scoopy

5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic
Ilustrasi Honda Scoopy (https://www.astra-honda.com/)

Mendengar kata skutik retro murah, tentu yang terpintas di benak banyak orang adalah Honda Scoopy. Salah satu skutik andalan Honda ini memberikan tampilan retro yang cantik, menjadikannya begitu dicintai oleh masyarakat Indonesia. Tampilan retro pada Honda Scoopy semakin terlihat jelas pada lampu depan yang berbentuk oval dengan dibekali lampu LED dan lensa projector.

Suspensinya yang baik serta ground clearance dari bannya yang cukup tebal, membuat Honda Scoopy juga terasa nyaman saat digunakan. Untuk mesin, Scoopy menggunakan mesin generasi baru eSP berkapasitas 110 cc dengan mesin over stroke mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 9 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sistem injeksi PGM-FI dan fitur Idling Stop System (ISS) memberikan keunggulan pada Scoopy dalam efisiensi bahan bakarnya yang tergolong cukup irit.

Untuk varian warna, Honda Scoopy hadir dalam warna Prestige White, Prestige Black, Stylish Brown, Stylish Red, Fashion Black, Fashion Blue, Sporty Red, dan Sporty Black. Skutik retro andalan Honda ini dibanderol mulai dari Rp. 21.003.000.

Baca Juga  Rusia-Ukraina Memanas, PM Inggris: Situasi Sangat Berbahaya!

2. Yamaha Fazzio

5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic
Febri menjajal Yamaha Fazzio (Dok. PT YIMM)

Turut serta dalam persaingan skutik retro murah, Yamaha meluncurkan motor terbarunya yakni Yamaha Fazzio. Desain retro begitu terlihat dengan lampu depan yang dibuat berbentuk lingkaran. Sedangkan untuk fiturnya dibenamkan berbagai teknologi modern seperti speedometer full digital, Smart Key System, Y Connect, electric power socket, hingga One Push Start.

Mesin Yamaha Fazzio berkapasitas 125 cc, 1-silinder, SOHC, pendingin udara, dan berpengabut injeksi. Mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 8,3 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Konsumsi bahan bakar skutik ini pun tergolong irit berkat adanya sistem hybrid, dengan menggunakan daya dari baterai atau Electric Power Assistant (EPAS) untuk menghidupkan motor dan baterainya akan diisi saat motor dijalankan melalui komponen Smart Motor Generator (SMG).

Untuk varian, Yamaha Fazzio hadir dengan dua varian. Varian pertama adalah  Yamaha Fazzio 125 Hybrid dengan opsi warna Neo Black, Neo Red, Neo Cyan, dan Neo Beige, yang dibandeol dengan harga Rp. 21,7 juta untuk harga OTR. Sedangkan varian kedua adalah Yamaha Fazzio Hybrid Lux dengan pilihan warna Matte Black dan Prestige Silver yang dibanderol dengan harga Rp. 22 juta untuk harga OTR.

3. Sym Attila Venus 125

5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic
Ilustrasi Sym Attila Venus (facebook.com/SYM Senjaya Cahaya Makmur)

Kamu mungkin masih asing dengan motor asal Taiwan ini. Tapi jika ingin mencoba skutik retro murah, maka Sym Attila Venus 125 bisa masuk ke daftar pilihanmu. Untuk desain memang terlihat begitu serupa dengan Vespa Matic, unsur retronya begitu terlihat jelas, seperti lampu depan yang dibuat membulat dengan aksen krom melingkarinya dan bodinya yang menggendut seperti Vespa.

Baca Juga  Termakan Hoaks, Ribuan Masyarakat Yahukimo Gelar Demo

Mesin yang disematkan pada Sym Attila Venus 125 berkapasitas 124,6 cc, SOHC 2 katup injeksi berpendingin udara, yang mampu menghasilkan  tenaga maksimal 8,2 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 8,6 Nm pada 6.500 rpm. Bagasi penyimpanan motor ini pun cukup lega, hal ini karena lubang pengisian bahan bakar berada pada bodi depan dekat stang.

Untuk pilihan warna, Sym Attila Venus 125 tersedia dalam warna Red, Blue, dan White. Harga yang ditawarkan untuk OTR nya berkisar pada Rp. 21,7 juta. Dengan tampilan yang cantik, skutik retro murah asal Taiwan ini worth it untuk kampu pertimbangkan.

4. Benelli Seta 125

5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic
Ilustrasi Benelli Seta 125 (https://www.olx.co.id/)

Walaupun sama-sama berasal dari Italia, namun skutik retro ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan Vespa Matic. Benelli Seta memberikan tawaran yang sangat menarik bagi yang ingin mendapatkan skutik retro namun dengan harga yang lebih murah.

Untuk mesin memiliki kapasitas 124,6 cc, mesin 1-silinder, pengabutan karburator, dan sistem udara sebagai pendinginnya. Performanya cenderung biasa saja, namun memang tampilannya yang menjadi sanjata pamungkas. Posisi stang yang lebih tinggi dibandingkan jok semakin menegaskan kesan retro pada Benelli Seta 125 ini.

Tersedia pilihan warna Black, White, Grey Blue Sky, dan Yellow untuk skutik retro murah ini. Benelli Seta 125 dibanderol dengan harga OTR sekitar Rp. 18,75 juta.

Baca Juga  Tiga Puisi Firman Wally

5. Keeway Shiny 150

5 Skutik Retro Murah, Alternatif Vespa Matic
Keeway Shiny 150 (IDN Times/Fadhliansyah)

Satu lagi skutik retro yang baru saja luncur di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Keeway yang merupakan brand turunan dari PT Benelli Motor Indonesia ini akan semakin menambah semarak persaingan skutik retro murah di Indonesia. Tampilan bodi yang mengembung,  lampu depan berbentuk bulat, serta aksen warna pada velg motor begitu menegaskan kesan retro pada skutik ini.

Untuk mesin, dibekali dengan kapasitas 150 cc, SOHC, 4-tak, dua katup, serta sistem electronic fuel injection (EFI).  Mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,3 dk pada 7.500 rpm dan torsi maksimal 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Pilihan warna pada Keeway Shiny 150 hanya terdiri dari dua warna saja, yakni Cream White dan Blue. Dibanderol dengan harga OTR Rp. 24,3 juta, semakin menambah keunggulan kompetitif pada skutik retro murah ini.  

Itulah 5 skutik retro murah yang bisa menjadi alternatif pilihan jika budgetmu belum sampai untuk mendapatkan Vespa Matic. Ternyata ada banyak juga skutik retro yang menawarkan dengan harga yang kompetitif. Namun, yang perlu kamu waspadai adalah beberapa produsen motor ini belum memiliki jaringan dealer atau bengkel yang luas. Sehingga selain harga yang murah, poin ini juga perlu kamu pertimbangkan, ya!

(red/idn-times)

No More Posts Available.

No more pages to load.