5 Tim dengan Kedalaman Skuad Terbaik di Piala Eropa 2020

oleh -160 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pesta sepak bola antarnegara terbaik di Eropa akan dimulai pada akhir pekan ini. Dari 24 negara yang ambil bagian, ada sejumlah tim nasional yang datang dengan kedalaman skuad yang paling baik.

Untuk menghadapi turnamen dalam sistem grup dan gugur, kedalaman skuad dibutuhkan. Apalagi, selain menghindari jalan buntu saat ada pemain cedera, bahaya pandemi virus corona juga masih mengancam.

Oleh karena itu, UEFA mengizinkan para peserta memboyong 26 pemain. Harapannya, dengan banyaknya pemain yang dibawa dapat meminimalkan risiko kehabisan pilihan.

Namun, ada sejumlah negara yang punya kedalaman skuad cukup baik, meski peraturan tersebut ditiadakan. Berikut ini adalah negara-negara tersebut:

Inggris

Inggris

Gareth Southgate mengambil keputusan menarik dengan memanggil empat pemain yang memiliki posisi bek kanan. Meski demikian, Inggris tetap menjadi tim yang punya kedalaman skuad yang cukup baik.

Dipilihnya Ben White sebagai pengganti Trent Alexander-Arnold membuat Inggris semakin seimbang. Penggawa Brighton itu bisa bermain sebagai bek tengah, gelandang bertahan, dan bek kanan.

Jika bermain dengan formasi tiga bek, Inggris juga didukung para penyerang yang bisa tampil melebar. Raheem Sterling, Phil Foden, Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka adalah sederet pemain yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga  Spanyol Susah Payah Kalahkan Kroasia Hingga Extra Time

Sementara itu, pada bagian depan, peran Harry Kane akan sulit digantikan. Meski demikian, The Three Lions juga masih memiliki Dominic Calvert-Lewin.

Spanyol

Spanyol

Spanyol memang tak datang dengan materi pemain bertabur bintang. Generasi emas Spanyol mulai berakhir dan sekarang saatnya digantikan muka-muka baru. Meski demikian, kedalaman skuad La Furia Roja tetap menjadi satu di antara yang terbaik.

Rodri, Sergio Busquets, Thiago Alcantara, Koke, Fabian Ruiz, Dani Olmo, Pablo Sarabia, dan Marcos Llorente adalah pilihan Luis Enrique di lini tengah. Sementara itu, Ferran Torres, Adama Traore, dan Mikel Oyarzabal sebagai pilihan utama di sayap. Sedangkan, Alvaro Morata dan Gerard Moreno adalah dua pemain yang bisa dijadikan sumber gol.

Kekhawatiran sempat dirasakan pada posisi bek kanan. Sebab, hanya Cesar Azpilicueta yang punya posisi natural sebagai pemain bertahan kanan. Namun, Diego Llorente juga bisa diandalkan pada posisi tersebut.

Belgia

Belgia

Belgia menjadi satu di antara negara unggulan pada Piala Eropa 2020. Hal tersebut tak terlepas dari komposisi skuad yang merata pada setiap lininya.

Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Thomas Vermaelen, dan Dedryck Boyata adalah bek yang diboyong Roberto Martinez. Para pemain tersebut memiliki segudang pengalaman, meskipun sudah melewatkan usia emas.

Baca Juga  Lima Puisi Rudi Fofid

Pilihan pada posisi gelandang pun cukup melimpah. Timothy Castagne, Thomas Meunier, Nacer Chadli dan Yannick Carrasco adalah opsi bek sayap mereka. Kevin De Bruyne, Youri Tielemans, Axel Witsel, Hans Vanaken, Leander Dendoncker, dan Dennis Praet siap beraksi.

Sementara itu, Romelu Lukaku akan ditopang penyerang sayap yang punya kemampuan individu di atas rata-rata seperti Eden Hazard, Thorgan Hazard, Dries Mertens, dan Leandro Trossard. Selain itu, jangan lupakan Jeremy Doku yang bisa menjadi senjata rahasia.

Portugal

Portugal

Portugal berstatus juara bertahan pada Piala Eropa 2020. Hebatnya, kali ini Portugal akan datang dengan materi pemain yang lebih komplet dari sebelumnya.

Cristiano Ronaldo dan Andre Silva sama-sama menampilkan ketajamannya pada musim ini. Selain itu, Bernardo Silva, Joao Felix, Diogo Jota, dan Rafa Silva akan semakin membuat Portugal punya lini depan mentereng.

Pada lini tengah, Bruno Fernandes akan mengambil peran sentral. Selain itu, jangan lupakan Pedro Goncalves yang tampil brilian bersama Sporting CP.

Pada pos pertahanan, perpaduan pengalaman Pepe dengan tenaga anyar Ruben Dias menjadi senjata utama. Jose Fonte menjadi pelapis kedua pemain tersebut.

Baca Juga  Resmi Umumkan 26 Pemain, Timnas Jerman Cuma Bawa 2 Penyerang

Prancis

Prancis

Prancis tumbuh menjadi tim yang semakin kuat setelah juara Piala Dunia 2018. Kini, Les Bleus berambisi mengawinkan gelar Piala Dunia dengan Piala Eropa.

Masuknya Karim Benzema tentunya akan semakin menambah kekuatan Prancis. Apalagi, Wissam Ben Yedder juga tampil trengginas bersama AS Monaco.

Jangan lupakan Kylian Mbappe, Kingsley Coman, Ousmane Demebele, Marcus Thuram, dan Antoine Griezmann yang semakin membuat sektor gedor mengilap. Pada posisi lain, N’Golo Kante, yang sedang dalam performa terbaiknya, diperkirakan akan menjadi starter bersama Paul Pogba. Moussa Sissoko, Adrien Rabiot dan Corentin Tolisso akan menjadi opsi cadangan di lini tengah.

Raphael Varane diperkirakan akan dipasangkan bersama Jules Kounde atau Presnel Kimpembe di jantung pertahanan. Clement Lenglet dan Kurt Zouma adalah pilihan lain di bek tengah.

Sementara itu, pada posisi sayap Prancis memanggil Benjamin Pavard, Leo Dubois, Lucas Hernandez, dan Lucas Digne. Materi pemain tersebut menegaskan jika Prancis memang punya kualitas impresif pada setiap lininya.

(red/bolaskor)