5 Tips Mencegah Puting Lecet Saat Menyusui

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Setiap ibu tentu memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam menyusui si buah hati. Ada yang butuh perjuangan untuk melancarkan ASI, ada pula yang berjuang dalam pemberian asi. Dalam pemberian ASI sendiri, tidak jarang ditemui beberapa keluhan dari para ibu.

Salah satu keluhan yang cukup sering terdengar adalah kondisi puting yang lecet pada saat menyusui sehingga muncul rasa perih dan tentu saja ini tidak nyaman. Sementara kebutuhan ASI harus terus berjalan, maka para ibu sudah seharusnya mengetahui cara mencegah puting lecet saat menyusui.

Lantas, apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Beri Pijatan pada Payudara Sebelum Menyusui

Ilustrasi pijatan pada payudara sebelum menyusui bayi/freepik.com
Ilustrasi pijatan pada payudara/freepik.com

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memberi pijatan pada payudara sebelum menyusui. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan beberapa tetes asi sekaligus melembutkan daerah areola.

Selain itu, mengeluarkan beberapa tetes ASI sebelum menyusui juga akan membantu bayi lebih mudah dalam mengisap. Cara memberi pijatan ini juga tidak sulit, cukup menggunakan tangan sembari menekan area payudara hingga ASI bisa keluar.

Baca Juga  Cucu Ottoman Jadi PM Inggris, Politisi dan Media Turki Ikut Bangga

2. Perbaiki Posisi Mulut Bayi saat Menyusui

Posisi menyusui harus diperbaiki supaya puting tidak lecet/freepik.com
Posisi menyusui/freepik.com

Selanjutnya, perlu perbaikan terhadap posisi mulut bayi saat menyusu. Adapun posisi ideal yang harus diusahakan adalah sebagian besar daerah areola dan puting susu masuk ke dalam mulut bayi. Hal ini akan meminimalkan potensi terjadinya lecet pada puting payudara.


3. Usahakan Mulut Bayi Terbuka Lebar saat Menyusu

Ilustrasi mulut bayi saat menyusu disusahakan terbuka lebar/freepik.com
Ilustrasi mulut bayi saat menyusu/freepik.com

Hal ini perlu dilakukan apabila kamu meyakini bahwa penyebab puting lecet dikarenakan posisi yang salah.  Oleh sebab itu, untuk meminimalkan kemungkinan adanya lecet saat proses menyusui, mulut bayi harus diusahakan terbuka lebar ketika menyusu. Posisi ini akan memudahkan proses menyusui secara ideal sehingga tidak terjadinya lecet dan rasa perih.

4. Rutin Menyusui Bayi

Ilustrasi menyusui secara rutin perlu dilakukan supaya puting tidak mudah lecet/freepik.com
Ilustrasi menyusui secara rutin/freepik.com

Perlu diketahui bahwa payudara yang terisi penuh oleh ASI akan lebih sulit untuk dihisap oleh bayi. Kondisi ini akan membuat bayi melepas dan kembali mengisap puting sehingga berisiko membuat puting jadi lecet. Oleh sebab itu, menyusui perlu dilakukan secara rutin agar ASI tetap bisa lancar tanpa menimbulkan lecet pada payudara.

Baca Juga  Ramalan cuaca Ambon hari ini, Selasa 18 Agustus 2020

5. Gunakan Jari untuk Melepaskan Puting dari Mulut Bayi

Ilustrasi melepaskan puting dari mulut bayi agar puting tidak lecet/freepik.com
Ilustrasi melepaskan puting dari mulut bayi/freepik.com

Nah, salah satu proses yang juga berpotensi membuat puting payudara lecet adalah saat bayi melepaskan puting usai menyusui. Oleh sebab itu, para ibu bisa mengantisipasinya dengan memasukkan jari ke dalam mulut si bayi apabila sudah terlihat tanda-tanda ia akan melepaskan puting dan selesai menyusu. Hal ini akan membantu menghentikan isapan sekaligus mengeluarkan puting susu tanpa menimbulkan rasa sakit.

(red/detikcom)

No More Posts Available.

No more pages to load.