6 Ciri-ciri Wanita yang Tidak Boleh Dipersunting

oleh -59 views

Ada banyak nasihat yang ditujukan untuk kaum muslimah . salah satunya nasihat dari Imam Al-Ghazali. Beliau mengingatkan bahwa ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman. Sifat-sifat apakah itu?

Dalam kitab “Ihya ‘Ulumuddin’, Imam Al-Ghazali menyebutkan: ” Janganlah menikahi enam wanita seperti ini, yakni: annaanah, mannaanah, hannanah, haddaqah, barroqoh, dan syaddaqah.”

Isyarat yang disampaikan Imam Al-Ghazali ini, tentu menjadi tolok ukur bagi seorang lelaki yang akan menikah agar memperhatikan calon istri yang akan dipinangnya nanti.

Lantas, mengapa enam perempuan seperti itu tidak dianjurkan untuk dipilih? Apa alasannya ? Berikut penjelasan Imam Al-Ghazali :

Baca Juga  Kenapa Muslim Dilarang Warnai Rambut dengan Warna Hitam?

1. Al-Annaanah

Dia adalah perempuan yang acap kali mengeluh dan mengadu. Dia seperti membalut kepalanya dengan perban setiap waktu. Jika perempuan ini dinikahi sama saja menikahi orang sakit atau orang yang pura-pura sakit, tidak ada kebaikan bagi suami. Sedangkan mengadu sering merusak hubungan baik dengan sesama, kerabat maupun sahabat. Menikahi perempuan tipe ini membuat suami sulit mencapai ketenangan dalam keluarga.

2. Al-Mannaanah

Perempuan tipe ini suka mengungkit-ungkit kebaikan dan jasanya yang telah berlalu seperti sudah melakukan ini dan itu, baik ketika terjadi problematika rumah tangga ataupun tidak. Menikahi wanita tipe ini membuat seorang laki-laki terhambat menjalankan perannya sebagai pemimpin keluarga. Terlebih jika secara ekonomi istri berkarir dan memiliki penghasilan lebih besar daripada suami.

No More Posts Available.

No more pages to load.