Alami Pendarahan, Satu Jamaah Haji Maluku Utara Batal Berangkat

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com, Makassar – Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar mengumumkan satu calon jemaah haji (CJH) asal Maluku Utara menarik diri tidak berangkat ibadah haji ke Arab Saudi. Jemaah tersebut membatalkan setelah mengalami pendarahan dan tengah dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

“Saru jamaah atas nama Sadek dari kloter 12 membatalkan diri untuk berangkat ke tanah Suci dengan alasan kesehatan setelah sempat mengalami sakit saat berada di asrama haji Sudiang,” ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Ikbal Ismail, saat dikonfirmasi, Kamis (30/6/22). 

Jemaah asal Maluku Utara tersebut bernama, Sadek, Berusia 40 tahun, sebelumnya mengalami pendarahan saat diperiksa di Poliklinik Asrama Haji Sudiang Makassar pada Senin (27/6/2022) lalu. 

Baca Juga  Serang Ukraina, 5 Event Olahraga Ini Batal Digelar di Rusia

Akibatnya, keberangkatan Sadek tertunda akibat harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

“Kami dengar sakitnya itu setelah diperiksa oleh tim kesehatan ada pendarahan, terganggu kesehatannya dan tidak layak terbang ke Saudi,” ujar Ikbal. 

PPIH Embarkasi Makassar pun berkoordinasi dengan Kemenag Maluku Utara memutuskan menyerahkannya untuk jemaah asal Sulawesi Selatan (Sulsel) menggantikan. Setelah melihat daftar cadangan lunas, pengganti berasal dari Kabupaten Sidrap. Nantinya, pengganti Sadek tersebut akan diberangkatkan bersama kloter 17.

“Setelah berkordinasi diputuskan dari daftar tunggu Sulsel, penggantinya diikutkan dalam Kloter 17. Sementara proses pemeriksaan kesehatan, kita doakan bisa berangkat sama-sama dengan jemaah lain,” tegasnya.

Meski batal berangkat ke tanah suci, Arab Saudi. Jemaah asal Maluku Utara tersebut akan diprioritaskan dalam pemberangkatan ibadah haji tahun 2023 mendatang. 

Baca Juga  Gelar Rakor Persiapan Pengamanan Idul Fitri 2022, Ini Penekan Kapolda Maluku

“Masuk jemaah yang diprioritaskan di tahun selanjutnya untuk berangkat melaksanakan rukun Islam ke lima,” tegasnya. (red) 

No More Posts Available.

No more pages to load.