Apa Itu Waktu Imsak dan Kenapa 10 Menit Sebelum Subuh?

oleh -72 views

Apa itu waktu imsak? Arti istilah imsak perlu diketahui bagi umat Muslim yang menjalankan puasa di bulan Ramadan. Imsak sering kali diartikan sebagai penanda akan berakhirnya waktu sahur dan dimulainya waktu puasa.

Lantas apa yang dimaksud dengan waktu imsak sebenarnya? Dan kenapa waktu imsak ditetapkan 10 menit sebelum subuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Kata imsak berasal dari istilah imsakiah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), imsakiah artinya jadwal yang menetapkan waktu salat, termasuk imsak setiap hari. Sementara imsak artinya saat dimulainya tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum.

Istilah imsak dan imsakiah sendiri berasal dari bahasa Arab. Menurut asal bahasanya yakni amsaka-yumsiku-imsakan yang berarti “menahan”, maka imsak diartikan menahan diri dari makan, minum dan segala aktivitas lain yang membatalkan puasa.

Baca Juga  Gunung Ibu Kembali Erupsi Malam ini, Warga Dilarang Beraktivitas 4 Km dari Puncak

Kenapa Imsak 10 Menit Sebelum Subuh?

Di Indonesia, penentuan waktu imsak biasanya telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Waktu imsak di Indonesia, seperti yang ditetapkan Kemenag RI, yaitu 10 menit sebelum waktu azan subuh tiba.

Melansir situs resmi Kemenag RI, dijelaskan bahwa sejarah penentuan waktu imsak 10 menit sebelum subuh itu telah disepakati sebagaimana dalam rapat Tim Hisab dan Rukyat yang digelar Kementerian Agama di Jakarta sejak 22 Juni 2016.

No More Posts Available.

No more pages to load.