Bank Maluku-Malut Akhirnya Akui Kebobolan Rp1 Miliar

oleh -231 views
Link Banner

Porostimur.com |Ambon: Manajemen PT. Bank Maluku dan Maluku Utara, Akhirnya mengakui kebobolan dana Rp1 miliar yang dilakukan salah satu oknum teller berinisial YT di Cabang Banda Neira sesuai hasil temuan Satuan Kerja Audit Internal (SKAI) BUMD tersebut.

Penjelasan ini disampaikan Direktur Umum PT. Bank Maluku-Malut, Arief Burhanudin Waliulu yang didampingi Komisaris PT MB-Malut usai melakukan rapat kerja dengan pimpinan dan anggota komisi C DPRD Maluku di Ambon.

“YT telah membobol kas bank tempatnya bekerja, di kantor PT. BM-Malut Cabang Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah dan aksinya diduga sudah berlangsung lama,” kata Waliulu.

Menurutnya, berbagai langkah telah diambil manajemen, antara lain mengamankan YT ke kantor pusat di Ambon, dan selama satu pekan akan optimal untuk menyita seluruh aset yang dimilikinya, sedangkan untuk keputusan dan sanksi yang akan diambil, itu tergantung seluruh pemegang saham.

Menurut Waliulu, YT saat ini juga sudah dinonaktifkan sebagai teller di PT. BM-Malut Cabang Banda Neira dan saat diperiksa, yang bersangkutan telah mengakui perbuatannya.

Baca Juga  KPU Maluku Utara Tetapkan Perolehan Kursi 45 Anggota DPRD Provinsi
Direktur Umum PT. Bank Maluku-Malut, Arief Burhanudin Waliulu

“Kita sudah menanyakan kepada yang bersangkutan, apakah benar telah melakukan perbuatan itu. YT mengakuinya, dan untuk proses penyitaan aset kita lakukan terlebih dahulu sebelum dia dipecat karena dianggap tidak memberikan kontribusi,” tegas Waliulu.

Menyikapi adanya dugaan kasus fraud tersebut, Ketua Parlement Watch Maluku Daud Rumaratu mendesak DPRD Maluku segera menggelar hearing dengan jajaran pengurus PT Bank Maluku-Malut. Menurut Daud, kejahatan perbankan di tubuh bank milik daerah ini sudah terlalu massiv.

Bobolnya kas bank cabang tersebut tidak sekaligus terjadi namun oknum teller berinisial YT sesuai temuan SKAI PT Bank Maluku-Malut namun diduga membobol kas bank tempatnya bekerja dan sudah berlangsung lama.

Baca Juga  Skuad Terbaru Timnas Indonesia U-23 Menjelang Lawan Australia, Siapa Absen?

Namun anehnya setelah dilaporkan oleh SKAI, oknum pengurus PT Bank Maluku-Malut tidak bergeming.

Modus kejahatan perbankan yang diduga dilakukan pegawai berinisial YT itu, karena yang bersangkutan entah bagaimana caranya, mengantongi password aplikasi core-banking Bank plat merah tersebut di kantor Cabang Banda Naira, Padahal password tersebut seharusnya hanya diketahui pimpinan cabang bank itu. (Keket)