Belum Teraliri Listrik, 4 Daerah di Kota Tual Minta Pengadaan Mesin Genset

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Beberapa daerah di Kota Tual meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan pemerintah daerah untuk mengadakan pengadaan mesin genset, karena hingga hingga saat ini, daerah-daerah tersebut masih belum teraliri listrik. Daerah tersebut antara lain Pulau Tayando, Yamtel, Tam dan Kur.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Saudah Tuankota/Tethool usai melakukan rapat kerja bersama tim percepatan pembangunan infrastruktur Kota Tual di Ruang Rapat Komisi II DPRD Maluku, pada Senin (31/5/2021).

“Hari ini kami rapat bersama dengan tim percepatan pembangunan infrastruktur Kota Tual. Mereka datang menyampaikan aspirasi terkait kebutuhan listrik di daerah-daerah pulau, terutama 4 pulau yaikni Pulau Tayando, Yamtel, Tam dan Kur yang belum teraliri listrik sehingga mereka minta untuk pihak PLN ataupun pemerintah daerah mengadakan pengadaan mesin genset”, ujarnya.

Baca Juga  Pangdam XVI/Pattimura Sampaikan Rasa Terimakasih dan Apresiasi Kepada Prajurit Kipan D Yonif RK 732/Banau

Menurutnya, tujuan dari pengadaan mesin genset yaitu supaya pemerintah daerah mendorong agar bisa mendapatkan mesin pembangkit untuk mendorong listrik yang ada di pulau-pulau di daerah Kota Tual.

Tethool menjelaskan, akibat regulasi dari pemerintah pusat maka rencana pengembangan listrik desa melalui pembangkit listrik diesel harus terhenti, karena ada larangan dari pemerintah pusat untuk pengadaan pembangkit diesel dan menggantinya dengan pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), padahal pembangunan jaringan sudah dilakukan di daerah tersebut.

“Karena regulasi yang mengakibatkan pekerjaan ini terhenti, padahal jaringannya sudah terbangun tapi karena regulasi yang dibuat oleh pemerintah pusat menghendaki untuk tidak lagi memakai solar, kembali ke Energi Baru Terbarukan, maka itu terhenti dengan segera”, tukasnya.

Baca Juga  Bawa Sukun Panas ke Anggota DPR, Letjen Doni Monardo Beber Sejarah yang Tak Diketahui Orang

Mendengar permasalahan tersebut, Dirinya sesalkan janji Presiden bahwa tahun 2020, Indonesia terang benderang tapi kenyataannya sampai saat ini di Maluku, banyak daerah-daerah kepulauan yang belum teraliri listrik sama sekali.

Oleh sebab itu, Ia berharap ada dispensasi bagi daerah-daerah kepulauan ini, sehingga pihak lain bisa mengadakan pengadaan genset untuk energi pembangkit mesin bagi daerah-daerah tersebut. (alena)

No More Posts Available.

No more pages to load.