Cara Minta Maaf Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

oleh -42 views
Link Banner

Ada cara minta maaf kepada orang tua yang sudah meninggal. Ini dijelaskan dalam video ceramah Buya Yahya yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV pada 2 Januari 2023. Adapun penjelasannya yaitu seperti berikut ini.

Tak dapat dipungkiri sebagai anak, kita pasti memiliki kesalahan kepada orang tua yang tanpa sadar atau secara sadar kita lakukan. Jika kita memiliki kesalahan kepada orang tua, alangkah baiknya segera meminta minta maaf. 

Namun, bagaimana cara minta maaf kepada orang tua yang sudah meninggal? Untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelesan Buya Yahya.

Dalam video ceramahnya, Buya Yahya meyampaikan bahwa ada 3 hal yang bisa kita lakukan untuk meminta maaf kepada orang tua yang telah meninggal. Adapun 3 hal tersebut yakni sebagai berikut:

1. Janganlah kamu berdoa kecuali ayah dan bunda kamu sertakan dalam doa-doa yang kamu panjatkan setiap waktu. Itu penting karena, bagi orang tua yang telah meninggal, kiriman doa itu penting. 

Adapun salah satu bacaan doa yang bisa kamu amalkan untuk orang tua yang telah tiada yaitu seperti di bawah ini:

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.”

2. Jika kamu memiliki kemudahan dalam uruzan rezeki, sedekahkan atas nama orang tua kita yang telah meninggal. Kamu bisa bersedekah ke masjid, pesantren, panti asuhan, maupun tempat lainnya yang membutuhkan.

Harta bisa jadi amalan yang terus mengalir bagi orang tua kita yang telah meninggal. Selain itu, kamu bis bisa melalukan kebaikan-kebaikan lainnya. Salah satunya dengan membaca Alquran yang dikhususkan untuk orang tua yang telah meninggal.

3. Bersikap baiklah dengan orang-orang yang memiliki hubungan baik dengan orang tua kamu yang telah tiada. Rasulullah SAW bersabda:

Inna min abarril birri anyashilar-rajulu ahla wuddiabiihi ba’da an yuwalliyal aba

Artinya: “Sesungguhnya, setengah kebajikan yang terlebih baik, ialah, bahwa orang menghubungkan silaturrahim dengan keluarga orang yang dikasihi ayahnya, sesudah ayahnya menyerahkan kepadanya.”

Rasullulah SAW mengajarkan agar tetap menyambung tali silaturahim dengan orang-orang yang selalu silaturahum dengan orang tua kita yang telah meninggal. 

Demikian ulasan mengenai cara minta maaf kepada orang tua yang sudah meninggal menurut Buya Yahya. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang selalu mendoakan orang tua kita dan melanjutkan amalan baiknya selama masih hidup di dunia. Amiin.

(red/suara)

No More Posts Available.

No more pages to load.