Dispar Seram Bagian Barat Gelar Sosialisasi Pengembangan Destinasi Wisata

oleh -37 views

Porostimur.com, Piru – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sadar wisata di tingkat desa dalam pengembangan pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagain Barat (SBB) menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

Sosialisasi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata di Kabupaten SBB tersebut, berlansung di Deluku, Desa Waimital, Kecamatan Kairatu, Rabu (19/6/2024).

Penjabat Bupati SBB Dr. Achmad Jaiz Elly, ST.,M.,Si, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Avin Tuasuun, menyatakan, pemerintah daerah sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, karena kegiatan ini merupakan bagian dari sinergitas untuk kemajuan daerah dengan tujuan mengajarkan masyarakat tentang dunia usaha kepariwisataan, serta membuka lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi.

“Salah satu indikator tujuan rencana pembangunan daerah yaitu lajunya pertumbuhan ekonomi, termasuk pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata,” Kkatanya.

Baca Juga  Hamzah Sangadji: Golkar Akan Survey Tahap II Balon Kepala Daerah di Maluku

Tuasuun bilang, Kabupaten SBB, dalam target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata, Tahun 2023 ditetapkan sebesar 37,00 persen dan capaiannya sebesar 28,77 persen.

“Ini berarti perlu adanya dorongan untuk pengembangan sumber daya manusia dalam sektor pariwisata, sehingga melalui kegiatan hari ini pelaku usaha dan desa wisata dapat mengelola destinasi wisata guna meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menetap beberapa hari, di Kabupaten Bertajuk Saka Mese Nusa,” papar Tuasuun.