Erupsi Lagi, Gunung Ibu Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 7.000 Meter

oleh -17 views

Porostimur.com, Jailolo – Gunung Ibu kembali erupsi dahsyat pada Jumat (28/6/2024), pukul 11.44 WIT. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Ibu teramati mencapai 7.000 meter di atas puncak, atau sekitar 8.325 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu erupsi Gunung Ibu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah selatan dan barat daya. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Masyarakat dan wisatawan yang berada di sekitar Gunung Ibu dilarang beraktivitas di dalam radius 4 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Baca Juga  Lapas Perempuan Ambon Sosialisasi Ketentuan Batas Barang Bawaan Kepada WBP

Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Sepanjang 2024, Gunung Ibu di Maluku Utara tercatat sudah meletus sebanyak 165 kali. Hingga hari ini, Jumat 28 Juni 2024 pukul 10.30 WIB, Gunung Ibu masih berstatus Siaga (Level III). (red)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.