FKIP Unpatti Kembali Lahirkan 328 Calon Sarjana

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: FKIP Unpatti melaksanakan Pengukuhan dan Penggelaran Lulusan Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dalam Rangka Wisuda Sarjana, Pascasarjana dan Profesi Universitas Pattimura Periode Agustus 2021, Kamis (26/8/21).

Keputusan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Nomor 838/UN13.1.3/SK/2021 menjadi dasar pelaksanaan Pengukuhan dan Penggelaran Sarjana hari ini.

Kegiatan yang diselenggarakan secara virtual diikuti oleh Senat FKIP Unpatti, para Guru Besar FKIP, Ketua PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru, Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Hukum, Dr. Saartje S. Alfons, S.H, M.H., Ketua Ikatan Alumni FKIP Unpatti, Prof. Dr. P. Kakisina, S.Pd, M.Si., para Dosen, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, para Koordinator dan Sub Koordinator dalam lingkup FKIP Unpatti, Rohaniawan serta para Lulusan.

Pengukuhan dan Penggelaran Lulusan Program Sarjana (S1) FKIP Unpatti Periode Agustus 2021 dilakukan untuk 328 Calon Sarjana yang akan diwisudakan dalam Wisuda Universitas Pattimura. Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maka kegiatan tersebut dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat dengan mekanisme dan prosedur pembagian ruang yang diatur, untuk lulusan dengan Predikat Pujian berlangsung di Student Center FKIP Unpatti sedangkan lulusan dengan Predikat Memuaskan dan Sangat Memuaskan berlangsung di masing-masing prodi dan jurusan.

Lulusan dengan Predikat CUMLAUDE atau Pujian diberi Penghargaan untuk dikukuhkan terlebih dahulu oleh Dekan FKIP, Prof. Dr. Izaak H. Wenno, S.Pd, M.Pd, masing-masing :

  1. Rachel Metiary, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan IPS, IP Yudisium 3,78
  2. Yulia Tomasoa, Prodi Penjaskesrek, Jurusan Ilmu Pendidikan, IP Yudisium 3,77
  3. Shofiah Nur Inayah, Prodi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, IP Yudisium 3,73
  4. Sisilia M. Taihuttu, Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, IP Yudisium 3,70
  5. Yessa Gracia Minaten, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, IP Yudisium 3,68
  6. Cindy Agustina, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan IPS, IP Yudisium 3,60
  7. Jafar Kelihu, Prodi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan IPS, IP Yudisium 3,58
  8. Verlinsti Vania Tamala, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, IP Yudisium 3,56
  9. Rohma Ulfah Basyararewan, Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, IP Yudisium 3,52

Ketua Panitia, Dr. Emma Rumalewang, M.Pd mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi sarjana baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, karena perjuangan panjang sebagai mahasiswa selama kurang lebih 4-7 tahun dengan berbagai tantangan dan rintangan dalam perkuliahan boleh terselesaikan dengan baik dan siap untuk mengabdi sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. Dr Emma mengatakan, Pengukuhan dan Penggelaran Lulusan saat ini terdiri dari lulusan pada Kampus Utama dan Program Studi Diluar Kampus Utama, baik Kabupaten Maluku Barat Daya maupun Kabupaten Kepulauan Aru dengan predikat Memuaskan dan Sangat memuaskan sebanyak 295 lulusan, Sangat Memuaskan (IP Yudisium diatas 3,5) sebanyak 24 lulusan dan Pujian sebanyak 9 lulusan sehingga jumlah lulusan pengukuhan hari ini sebanyak 328 lulusan, meliputi :

  1. Program Studi Pendidikan Sejarah sebanyak 10 lulusan
  2. Program Studi Pendidikan Pendidikan Geografi sebanyak 12 lulusan
  3. Program Studi Pendidikan Ekonomi sebanyak 22 lulusan
  4. Program Studi Pendidikan Pkn sebanyak 13 lulusan
  5. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia sebanyak 31 lulusan
  6. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 35 lulusan
  7. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman sebanyak 4 lulusan
  8. Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling sebanyak 13 lulusan
  9. Program Studi Penjaskesrek sebanyak 20 lulusan
  10. Program Studi Pendidikan Pendidikan Luar Sekolah sebanyak 11 lulusan
  11. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 80 lulusan
  12. Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 17 lulusan
  13. Program Studi Pendidikan Pendidikan Kimia sebanyak 27 lulusan
  14. Program Studi Pendidikan Matematika sebanyak 26 lulusan
  15. Program Studi Pendidikan Fisika sebanyak 7 lulusan

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutan mengatakan sarjana adalah orang-orang yang memiliki intelektual tinggi sehingga dikatakan sempurna. Beliau juga mengatakan, ketika saudara dinyatakan sebagai sarjana harus bersamaan dengan perilaku.

Baca Juga  Reses, Piries gelar tatap muka dan baksos kesehatan di Malteng

Lanjut dikatakan, tantangan terbesar di Indonesia saat ini adalah kualitas pendidikan, baik pada tingkat PAUD, SD, SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi masih mencari bentuk model pembelajaran dalam rangka pengembangan berkualitas di Indonesia. “Disiplin menjadi kunci utama, karena lewat itu maka kita akan menjadi orang yang berkualitas, bermakna dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat”, kata rektor.

Beliau berharap, FKIP yang merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki peran sentral dan strategis dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya harus mempunyai program sehingga menanamkan dasar-dasar yang kuat dengan cara tertentu karena dua fungsi utama guru adalah mengajar dan mendidik. “Dikatakan mengajar berarti mentransferkan ilmu dari dirinya kepada murid/siswa. Dikatakan mendidik berarti dari dirinya menjadi contoh dan teladan, membina mental dan moral murid/siswa sehingga menjadi manusia yang berkualitas” jelasnya.

Baca Juga  Asops Kasdam XVI/Pattimura Kunjungi Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 732/Banau

“Belajar dari salah satu filosofi Ki Hajar Dewantara, bunyinya : Semua orang itu guru, sehingga orang lain dapat belajar dan dari situlah terjadi transformasi ilmu, perubahan perilaku dan pertumbuhan ilmu pengetahuan”, tutup Prof. Saptenno

Dekan FKIP Unpatti, Prof. Izaak Wenno mengatakan moment dihari ini merupakan suatu moment akademik yang dilaksanakan untuk pelaksanaan wisuda Unpatti periode Agustus. Kita juga patut bersyukur karena 328 lulusan dihari ini akan dikukuhkan menjadi Sarjana Pendidikan (S.Pd). “Tantangan kedepan menjadi seorang guru profesional itu luar biasa dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka mengharuskan dan mengharapkan seorang guru bukan hanya pintar tetapi cerdas dengan cara-cara tertentu. Cerdas bukan hanya pandai tetapi juga kreatif, kompeten dan inovatif karena ini yang dibutuhkan untuk perkembangan pendidikan kedepannya”, jelas dekan.

Baca Juga  Peringatan Dini BMKG: Gelombang Tinggi Bisa Terjadi di Sejumlah Wilayah di Maluku - Malut

Beliau juga nemambahkan, menjadi seorang guru harus mempesona yang diharapkan dapat menunjukkan kompetensi, kreativitas dan inovatif dalam proses pembelajaran. Dekan berharap kedepan, tunjukkanlah jati diri anda sebagai seorang guru profesional yang siap mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa.

Pesan dekan, laksanakan tugas dan tanggungjawab anda dengan sebaik-baiknya karena itu merupakan amanah yang harus anda lakukan untuk menjadi berkat bagi banyak orang.

Mewakili lulusan, Rachel Metiary, dalam sambutan mengutip dari tokoh terkenal dunia, Nelson Mandela “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia”, karena itu FKIP Unpatti dan 328 lulusan mempunyai peran, tugas dan tanggungjawab besar untuk menciptakan generasi yang cerdas di Maluku.

“Kita tahu banyak anak-anak Maluku yang belum mendapatkan pendidikan dengan layak. Karena itu, mari kita sama-sama memberikan yang terbaik kepada mereka”, harap Rachel.

Ditambahkannya, kesan kami sangat banyak ketika kami kuliah di Universitas Pattimura khususnya di FKIP dimulai menyangdang status sebagai mahasiswa baru hingga menyandang status sebagai alumni. “Ada yang manis, ada yang pahit. Ada tawa bahkan air mata. Tapi semuanya itu merupakan proses untuk menjadikan kami sebagai guru yang berkualitas dan menjadikan kami sumberdaya manusia yang dapat dipakai dan membawa perubahan terkait pendidikan di Maluku”, ungkapnya. Pesan kami, semoga FKIP Unpatti terus menciptakan guru-guru yang mempunyai kualitas dan dapat mencerdaskan anak bangsa khususnya mengajarkan anak-anak Maluku bahwa pendidikan itu penting.

“Ketika teman-teman menjadi orang sukses, ketika teman-teman sudah menjadi pemimpin-pemimpin yang sukses diluar sana, jang lupa RUMAH TUA KITA : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan”, tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Alumni dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswa dan Alumni FKIP, Amjad Salong, S.Pd, M.Pd kepada Ketua Ikatan Alumni FKIP, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Pd. (nur)

No More Posts Available.

No more pages to load.