Gelar PVL On The Spot, Ombudsman Maluku Temukan Masalah Pelayanan RSUD Piru

oleh -21 views

Porostimur.com, Piru – Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan sosialisasi mengenai tugas fungsinya, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku menggelar PVL On The Spot di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Adapun kegiatan dilaksanakan di dua tempat, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Piru pada Selasa hingga Kamispekan kemarin.

Kepala Keasistenan Penerima Laporan dan Verifikasi Laporan (PVL) Ombudsman RI Maluku Harun Wailissa mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan di dua tempat ini menghasilkan 10 laporan pengaduan.

“PVL menerima total 10 laporan pengaduan, delapan konsultasi non laporan dan dua laporan masyarakat,” ungkapnya Senin (25/3/2024).

Menurut Wailissa, sepuluh laporan pengaduan tersebut yakni mengenai penularan penyakit yang tidak segera ditangani oleh pemerintah daerah, persediaan obat, klaim BPJS, penyerobotan tanah dan Bansos.

Baca Juga  Pj. Bupati SBB Achmad Jais Elly Punya Tanah dan Bangunan dari Ambon hingga Sorong

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Hasan Slamat, kembali mempertegas kinerja pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat yang kali ini menyasar ke sektor kesehatan.

“Obat merupakan hal yang vital di dunia kesehatan, olehnya bagaimana bisa permasalahan ketersediaan obat dikesampingkan? Ini harus menjadi fokus pemerintah daerah dan perlu adanya ketegasan untuk memberantas pihak-pihak yang berperilaku curang,” tegasnya.