Gempa Maluku, BUMN Salurkan Bantuan Rp 3 milyar

oleh -43 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Merasa senasib dan sepenanggungan, berbagai bentu bantuan disalurkan kepada pengungsi korban bencana gempa bumi di Maluku.

Dimana, selang 3 pekan terakhir ini gempa bumi mengguncang 3 wilayah yakni, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengha (Malteng) dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Dalam penyaluran bantuan ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun ambil bagian di dalamnya.

Dimana, kehadiran posko BUMN ini dikoordinir langsung oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA), dengan mendapatkan dukungan langsung dari Kementerian BUMN.

Dalam kurun waktu dua pekan pasca gempa di Maluku saja, posko BUMN ini telah menghimpun dan menyalurkan bantuan bertotal Rp 3,04 milyar.

Hal ini dibenarkan Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra Sammal, dalam rilisnya yang diterima wartawan, di Ambon, Sabtu (12/10).

Posko yang dikoordinir WIKA ini, akunya, berlabelkan Posko BUMN Hadir Untuk Negeri Tanggap Bencana dan berlokasi di Kota Ambon.

Dimana, perusahaan BUMN dapat langsung menyalurkan bantuan langsung ke titik-titik terdampak.

Baca Juga  Tangkal hoax dan isu Sara, IJTI Maluku gelar pelatihan jurnalistik

Menurutnya, bantuan tersebut berupa uang tunai, barang maupun jasa, yang didistribusikan ke 51 titik pengungsian warga yang tersebar di 3 wilayah administratif kabupaten/kota tadi.

”Kami mendorong BUMN untuk bergerak cepat, mengerahkan semua sumber daya yang ada sejak hari pertama dan mengawal hingga akhir. Apapun bantuan yang mendesak bisa dipenuhi dengan segera baru kemudian melaporkan ke posko untuk dimasukan ke database,” ujarnya.

Diakuinya, dirinya juga menyempatkan untuk secara langsung hadir dan menyaksikan perkembangan dan kondisi terakhir pada lokasi terdampak.

Selain mengunjungi lokasi terdampak, jelasnya, pihaknya juga menyempatkan untuk menyerahkan bantuan sembako dan 1.000 paket makanan serta berpartisipasi dalam program trauma healing bersama pengungsi di Lengkong dan Batu Dua.

Baca Juga  Jadi Cover Tenggelam Di Kaleng Lem Aibon, Anies: Terima Kasih Tempo Jadi Pilar Keempat Demokrasi

Begitupun pihaknya juga menyerahkan bantuan obat-obatan kepada Rumah Sakit Darurat Dr Ishak di Halaman Kampus Universitas Darusalam, Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Malteng.

Disadarinya ada tantangan yang harus dihadapi saat penmyaluran bantuan di lapangan, khususnya pada titik-titik pengungsian yang letaknya berada di pulau yang terpisah dari Kota Ambon, serta keterbatasan akses transportasi dan lokasi pengungsian yang berada di perbukitan.

Sebut saja distribusi bantuan menuju Kabupaten SBB dan Malteng yang harus menggunakan transportasi laut.

Selain itu, jelasnya, untuk sampai ke titik-titik pengungsian di daerah terpencil, tidak sepenuhnya dapat mengandalkan mobil, karena sebagian di antaranya harus dibawa terpisah menggunakan sepeda motor.

Guna memastikan penyalurannya tepat sasaran dan tidak tumpang tindih, terangnya, Posko BUMN aktif bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku.

Baca Juga  Serena Williams Hadapi Petenis Belia di Final US Open 2019

Dimana, distribusi bantuan dari Posko BUMN turut melibatkan relawan yang berasal dari Komunitas Lokal maupun NGO yang telah berpengalaman dalam penanggulangan bencana di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain bantuan yang sudah dihimpun tadi, tegasnya, BUMN juga turut mendukung gerakan komunitas lokal dalam konser musik malam penggalangan dana di Ambon.

Dimana, acara dimaksud menggandeng artis-artis lokal dan generasi muda Maluku, serta berhasil meraup bantuan senilai lebih dari Rp 40 juta.

”BUMN hadir di tengah masyarakat Maluku dalam melalui semua masa-masa sulit seperti sekarang. Ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial kami terhadap masyarakat yang selama ini menjadi bagian penting dari pertumbuhan BUMN,” pungkasnya. (red)