Google Ikut Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-76

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Mesin pencari paling populer sedunia, Google, ikut merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun dengan memunculkan Google Doodle pada Selasa, 17 Agustus 2021 ini yang menampilkan gambar alat musik tradisional Tanah Air.

Google Doodle adalah perubahan logo khusus dan sementara yang beranda tampilan Google, yang dimaksudkan untuk memperingati liburan, acara, prestasi, dan tokoh sejarah terkemuka atau peristiwa penting dunia. Google Doodle pertama kali dibuat pada 31 Agustus 1998 saat itu ketika Google menghadiri Festival Burning Man di Nevada, AS.

Dalam tampilan hari ini, Selasa (17/8/2021), Google Doodle menampilkan berbagai alat musik tradisional Indonesia, mulai dari gendang, tifa, hingga sasando. Selain itu juga menampilkan ilustrasi seorang perempuan berpakaian adat melayu sambil menarikan tari kipas.

Baca Juga  Gelar Unjuk Rasa, Warga Tuding Gustu Covid-19 Kepsul Jadikan Masyarakat Sebagai Lahan Bisnis

Sasando adalah alat musik tradisional dari Rote Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan Tifa merupakan alat musik tradisional dari wilayah timur terutama Maluku dan Papua Barat.

“Dari kiri ke kanan, Sasando dari NTB, Rebana dari Jawa, topeng Hudoq dari Suku Dayak Kalimantan, Tari Pakarena dari Sulawesi, Tifa dari Papua dan Maluu, dan terakhir tapi tak kalah penting yakni Gambus dari Riau, kamu kenal kan semuanya itu?” cuit Kathrin Honesta, ilustrator yang diminta Google untuk membuat Google Doodle hari ini, di akun Twitternya.

Kathrin Honesta, ilutrastor sang pembuat Google Doodle HUT RI ke-76, 17 Agustus 2021Foto: Kathrin Honesta, ilutrastor sang pembuat Google Doodle HUT RI ke-76, 17 Agustus 2021
Kathrin Honesta, ilutrastor sang pembuat Google Doodle HUT RI ke-76, 17 Agustus 2021

“Dengan Doodle ini, saya sangat-sangat ingin menggarisbawahi betapa Indonesia kaya akan keanekaragaman dan kaya akan budaya. Saya berupaya yang terbaik untuk membuat [ilustrasi] kesenian tradisional ini dari berbagai provinsi,” cuit Kathrin lagi.

Baca Juga  Ini Motif Pelaku Pembunuhan Mahasiswi Asal Adaut Kepulauan Tanimbar

Tepat 17 Agustus 1945, dua proklamator Indonesia, Bung Karno atau Soekarno dan Bung Hatta atau Mohammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan RI dari penjajah.

(red/cnbc)

No More Posts Available.

No more pages to load.