Idul Adha, Kodam Pattimura gelar shalat dan sembelih 15 hewan kurban

oleh -25 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Memperingati Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Kodam XVI/Pattimura menggelar Shalat Idul Adha di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Kediaman Pangdam XVI/Pattimura, KecamatanNusaniwe, Kota Ambon, Rabu (22/8), sekitar pukul 07.00 Wit.

Rilis berita yang diterima wartawan dari Penerangan Kodam (Pendam) XVI/Pattimura, menyebutkan tema peringatan Idul Adha yang diusung kali ini yakni ”Dengan Hikmah Idul Adha Kita Tingkatkan Ketakwaan Guna Membentuk Prajurit Profrsional Rela Berkorban Dan Manunggal Dengan Rakyat”.

Shalat Idul Adha berjamaah ini diikuti oleh Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, pejabat teras, seluruh prajurit dan PNS serta keluarga besar Kodam XVI/Pattimura.

Link Banner

Pelaksanaan Shalat Ied ini dimulai pukul 07.00 WIT  dengan menghadirkan Ustad Saiful  SH. Msi. sebagai imam dan khotib.

Baca Juga  Ditemani Kuasa Hukum Kuswandi Buamona, PMII Resmi Lapor Dugaan Korupsi Hendrata Thes Ke Polres Kepsul

Bertindak selaku imam dan khotib, Ustad Saiful,SH,MSi, yang dalam khotbahnya mengatakan hikmah di balik berqurban adalah melatih jamaah untuk memiliki sikap kepedulian sosial.

”Kita yang selama ini memiliki kelebihan harta, maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk dikorbankan dalam wujud binatang ternak untuk kemudian dagingnya akan dikonsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Seusai shalat, pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban dilaksanakan di Masjid Ijtihad Makodam XVI/Pattimura, yang dipimpin ketua panitia sekaligus Kabintaldam XVI/Pattimura, Kolonel (Inf) Susilo.

Setelah Shalat Ied usai digelar, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan 15 ekor hewan kurban yang terdiri dari 12 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Baca Juga  Hasil Pertandingan dan Daftar 4 Tim Lolos ke Perempat Final Liga Europa, Kamis (6/8/2020) WIT

Dimana, belasan pemotongan hewan kurban dan pembagian daging kurban dilaksanakan di Masjid Ijtihad Makodam XVI/Pattimura, yang dipimpin ketua panitia sekaligus Kabintaldam XVI/Pattimura, Kolonel (Inf) Susilo.

Belasan hewan kurban disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar yang telah memiliki kupon.

Selain itu, daging hewan kurban ini juga disalurkan ke sejumlah masjid, di antaranya Masjid Assalamah (Air Salobar), Masjid Annasha (Poka), Kampung Pahlawan Desa Tulehu, Masjid Al Hamid (Waiheru), Masjid Nurul Hayat (Wainitu) dan Masjid Baiturahman (Batu merah).

Sementara Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Suko Pranoto, juga diberi kesempatan untuk memberikan secara simbolis penyerahan hewan kurban Kodam XVI/Pattimura kepada panitia pelaksana.

Dalam sambutannya, Pranoto menerangkan kegiatan berkurban juga meningkatkan kualitas pembinaan hubungan baik atau silaturahmi antar sesame jamaah maupun umat beragama lainnya.

Baca Juga  Mulai Hari Ini, Harga Pertamax Turun Rp200 per Liter

Di lain sisi, tambahnya, momentum ini pun meningkatkan kualitas kerjasama dan kinerja dalam diri masing-masing prajurit dan PNS maupun keluarga besar Kodam XVI/Pattimura.

”Berqurban meningkatkan sinergitas/sosialisasi Personil Kodam XVI/Pattimura yang dilaksanakan setiap tahun kepada warga sekitar dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan membagikan hewan kurban. Ada hikmah lain yang bisa didapat dalam kegiatan qurban ini adalah manfaat hidup rukun. Saat kegiatan qurban kita saling bekerjasama dalam melakukan ibadah ini, setiap apa yang kita lakukan akan menjadi amalan baik. Oleh karena itu akan membuat kita, lebih bisa bersosialisasi dan berhubungan baik dengan orang lain,” pungkasnya. (keket)