Idul Adha, prajurit Lanud harus rela berkorban

oleh -33 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Seluruh prajurit Pangkalan Udara (Lanud) Pattimura dan para hadirin, diwajibkan memiliki semangat rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa, serta memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya, dimana pun mereka melaksanakan tugas.

Hal ini ditegaskan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Pattimura, Kolonel (Pnb Antariksa) Anondo,SE, M.Tr.(Han), dalam sambutannya sebelum peringatan Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018 M, di Masjid Al-Huda Lanud Pattimura-Ambon, Rabu (22/8).

Menurutnya, peringatan Hari Raya Idul Adha yang digelar Lanud Pattimura ini mengusung tema ”Dengan Hikmah Idul Adha 1439 H/2018 M Kita Tingkatkan Keimanan Dan Ketakwaan Guna Membentuk Prajurit Profesional, Rela Berkorban Dan Manunggal Dengan Rakyat”.

Kurban sendiri, akunya, sudah sepatutnya dimaknai secara mendalam dalam dimensi spiritualitasnya, bukan dimensi formalnya semata.

”Pasalnya, tatkala kurban dimaknai sebagai ibadah formal, maka setiap tahun umat Islam menyembelih hewan, hanya sekedar mengikuti tradisi Nabi Ibrahim AS, yang menyembelih anaknya dan kemudian digantikan oleh Allah SWT menjadi seekor domba,” ujarnya.

Baca Juga  Pulang Kampung ke Faudu, Yamin Tawary Disambut Tarian Deti

Bila kurban dipahami sebagai prosesi spiritual, tegasnya, maka akan terjadi transformasi peristiwa kurban dalam masyarakat sebagai peristiwa pengorbanan yang akbar.

Mengingat, sejatinya yang dikorbankan adalah harta kekayaan atau kepemilikan yang paling disenangi dan paling berharga.

Kesempatan yang sama, Ustadz Faturrahman dalam khotbahnya, menyampaikan bahwa ketauladanan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT adalah universal dan implementatif, sebagai mana umat manusia yang memiliki derajat dan posisi yang sama di hadapan Allah SWT.

”Ketulusan keterbukaan sikap kesederhanaan hidup yang dapat diambil dari peristiwa Nabi Ibrahim AS”, tegasnya.

Tak lupa, Ustadz Faturrahman juga mengajak seluruh kaum muslimin dan muslimat yang hadir untuk selalu menumbuhkan solidaritas sosial untuk mewujudkan keharmonisan di Indonesia yang kita cintai ini lewat dialog antar individu dan kelompok.

Baca Juga  Kapolda Maluku Hadiri Rakor Wakapolri Bersama Menteri Ketenagakerjaan Via Video Conference

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, acara dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban dari Dananud Pattimura, Kolonel Pnb Antariksa Anondo,SE,M.Tr.(Han), kepada ketua panitia peringatan Idul Adha Lanud Pattimura dan disaksikan oleh seluruh jamaah.

Dimana, Dewan Masjid Al-Huda Lanud Pattimura memperoleh amanah hewan qurban yakni 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing, yang selanjutnya dagingnya akan didistribusikan kepada warga Lanud Pattimura dan masyarakat yang berhak menerimanya. (keket)