Jelang Pilkada, Bawaslu Halbar Fokus Kroscek DP4/

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) bakal lebih fokus mengkroscek sedikitnya lima (5) poin yang dianggap penting dalam penelitian data DP4 yang nantinya digunakan menjadi dasar rujukan untuk pencoklitan.

Penyampaian ini setelah bawaslu menerima data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kabupaten Halbar.

“Yang kami fokus mengawasi itu sala satunya termasuk apakah masih ada nama di DP4 yang orangnya sudah meninggal atau pindah domisili,”kata Kordiv PHL Bawaslu Halbar, Aknosius Datang Senin (06/7/2020).

Selain itu, soal DP4 tersebut Aknosius mengatakan pihaknya juga memastikan dengan mengkroscek tentang, adakah kegandaan nama dan NIK, dan Kami akan buat kesesuaian antara NIK dan tanggal lahir.

Link Banner

” Serta mamastikan semua warga wajib pilih namanya sudah masuk dalam data DP4,” akunya.

Baca Juga  Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Pamit dari Satgas Covid-19, Kecewa Hal Pokok Tak Digarap Serius

Untuk itu Dia mengungkapkan, apa bila selama Bawaslu Halbar dalam melakukan penilitian data DP4 dan menemukan ada data di DP4 yang diantaranya seperti disebutkan diatas (orang pinda/mati, Nik, KK) maka langsung dikoordinasikan ke KPUD Halbar.

“Yang jika ditemukan, maka akan dikoordinasikan ke KPU menjelang Coklit,” ungkapnya

Ia menambahkan, hal tersebut dimaksudkan gunanya untuk menghindari adanya pemilih-pemilih fiktif serta terpenuhinya hak setiap warga negara agar tentu pasti terciptanya Pilkada yang demokratis sebagaimana yang diharapkan bersama. (ash)