Kisah Nabi Musa Salahkan Nabi Adam yang Bikin Manusia Tinggal di Bumi

oleh -32 views

Nabi Adam AS dan istrinya Hawa diturunkan ke bumi setelah sebelumnya tinggal di surga. Setelah peristiwa itu, seluruh anak keturunan Nabi Adam AS hidup di bumi. Ada riwayat yang mengisahkan Nabi Musa AS pernah menyalahkan Nabi Adam AS terkait hal ini.

Kisah tersebut diceritakan dalam kitab Qashash Al-Anbiyaa’ karya Ibnu Katsir yang diterjemahkan Saefullah MS, dengan bersandar pada riwayat yang berasal dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda,

“Musa AS pernah mendebat Adam AS. Musa berkata kepada Adam, ‘Engkau telah mengeluarkan manusia dari surga hingga membuat mereka sengsara karena kesalahanmu.’ Adam menjawab, ‘Wahai Musa, engkau telah dipilih Allah dengan risalah dan kalam-Nya. Apakah engkau mencela diriku atas suatu hal yang telah ditulis Allah sebelum Dia menciptakan aku atau yang telah ditakdirkan Allah terhadap diriku sebelum Dia menciptakan aku?’” Rasulullah SAW bersabda, “Maka Adam dapat membantah argumentasi Musa.” (HR Bukhari)

Baca Juga  DPRD SBB Gelar Rapat Paripurna Serah Terima Jabatan Penjabat Bupati

Imam Bukhari dan Muslim juga turut meriwayatkan hadits tersebut dari Az-Zuhri, dari Hamid bin Abdurrahman, dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda.

“Adam dan Musa pernah saling berdebat. Musa berkata kepada Adam, ‘Wahai Adam, engkau telah diciptakan Allah dengan tangan-Nya sendiri. Dia telah meniupkan roh-Nya ke dalam dirimu. Namun, engkau telah menyesatkan manusia dan mengeluarkan mereka dari surga.”

No More Posts Available.

No more pages to load.