Lebih Peduli dengan Kesehatan Sendiri, Ini Ciri-ciri Kanker Payudara dan Cara Penyebarannya!

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Breast Cancer Awareness jatuh pada setiap 26 Oktober, dimana sekumpulan perempuan di seluruh dunia menunjukkan dukungan bagi penderita kanker payudara. Berbagai kampanye pun dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak kanker payudara pada perempuan. 

Menurut World Health Organization (WHO), kasus kanker payudara paling banyak terjadi di Indonesia pada tahun 2018. Melihat hal ini, yuk kenali berbagai ciri-ciri utama kanker payudara yang harus dipahami. Simak di bawah ini ya!

1. Merasakan Benjolan di Payudara

kanker payudara/ foto: pexels.com
kanker payudara/ foto: pexels.com

Merupakan gejala pertama yang mudah diketahui. Terjadi ketika jaringan payudara menyebar luas hingga ke daerah bawah lengan. Maka, benjolan bisa muncul tidak hanya di area payudara, namun area ketiak dan dada atas. 

Baca Juga  Kapolda Maluku Utara Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kabid Propam dan Kabid TIK

Benjolan bisa dirasakan, namun tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Akhirnya, sel kanker pun mampu menyebar melalui kelenjar getah bening yang membentang luas dari area dekat payudara hingga ke lengan dan sekitarnya. 

2. Cairan Berwarna Keluar dari Puting

kanker payudara/ foto: pexels.com
kanker payudara/ foto: pexels.com

Waspadalah ketika puting mengeluarkan cairan dengan berwarna, seperti bening, bahkan hijau, kuning, hingga merah. Cairan ini biasanya memiliki tekstur yang kental.

Ada kemungkinan cairan yang keluar bukan merupakan kanker. Namun, ada beberapa masalah kesehatan yang juga mengakibatkan pengeluaran cairan, seperti: infeksi payudara, infeksi berbagai macam obat termasuk pil KB, dan penyakit tiroid. 

3. Kulit Payudara Mengalami Perubahan

kanker payudara/ foto: pexels.com
kanker payudara/ foto: pexels.com

Ciri-ciri kanker payudara yang ketiga adalah terdapat perubahan pada kulit payudara. Karena pada umumnya sel kanker menyerang sel-sel kulit yang sehat pada payudara, sehingga menyebabkan peradangan kulit. 

Baca Juga  Pramuka Kwartir Kota Ambon Gelar Aksi Bersih Kota

Perubahan kulit payudara biasanya berupa kulit bersisik di daerah puting, kulit terasa menebal di area sekitar payudara, dan tekstur kulit yang cenderung berlesung ataupun berlubang. 

4. Ukuran Payudara Lebih Besar Sebelah

kanker payudara/ foto: freepik.com
kanker payudara/ foto: freepik.com

Sel kanker menyebabkan pembengkakan pada payudara, sehingga membuat salah satu sisinya yang terkena kanker ukurannya lebih besar. Perbedaan ukurannya akan terlihat sangat jelas. 

5. Payudara atau Puting Mengalami Nyeri

kanker payudara/ foto: pexels.com
kanker payudara/ foto: pexels.com

Seperti yang dilansir dari Detik Health, kanker payudara pada dasarnya menyerang sel-sel sehat, sehingga menyebabkan rasa nyeri ketika payudara ditekan. Rasa nyeri ini mirip ketika kulit merasa panas terbakar. 

Rasa sakit ini bisa muncul begitu saja tanpa sebab yang jelas, dan meskipun tidak ditekan atau disentuh. Maka, jika dirasa ada kesakitan pada payudara, lebih baik segera berkonsultasi ke dokter. 

Baca Juga  Zidane: Tak Masalah Real Madrid Dilanda Badai Cedera

Cara Penyebaran Kanker Payudara

Secara keseluruhan, kanker payudara termasuk sulit dideteksi dari awal karena hanya terasa ada benjolan di daerah payudara. Namun, kanker payudara yang sudah berada di tingkat lanjut akan mampu menyebar

Cara penyebaran kanker payudara bisa melalui beberapa melalui getah bening, aliran darah, atau secara langsung. Dokter spesialis biasanya mampu mendiagnosis penyebaran ini, dengan cara memperhatikan ukuran benjolan, dan apakah penyebarannya sudah melampaui organ tubuh lainnya. 

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.