Pemkab Halmahera Tengah Bakal Kirim Petani Millenial ke Jepang

oleh -76 views
Link Banner

Porostimur.com | Weda: Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah bakal mengirim perwakilan petani millenial untuk mengikuti magang pertanian di Jepang selama 2 tahun.

Kepala Dinas Pertanian Halteng, Yusmar Ohorella mengatakan, program magang ini merupakan program Kementerian Pertanian untuk petani millenial di seluruh Indonesia.

Melansir Halmaherapost.com, Kamis (25/3/2021), Yusmar mengatakan, program tersebut untuk mewujudkan pembangunan pertanian, melalui regenerasi petani yang kini didominasi generasi berusia tua.

Dalam program ini, kata Yusmar, Pemkab Halteng juga ikut mengambil bagian dalam merekrut petani millenial.

“Pemda masih menunggu surat dari Kementerian Pertanian, apakah kuotanya masih 4 orang atau lebih,” katanya.

Menurut Yusmar, petani milenial dikhususkan yang belum berkeluarga. Karena mereka harus tinggal di Jepang selama 2 tahun. “Selain belum berkeluarga, yang bersangkutan juga harus berprestasi,” ucapnya.

Baca Juga  Memaki di Facebook, Bram Oget Dilaporkan ke Polres Kepulauan Sula

Yusmar bilang, alasan petani milenial dikirim ke Jepang, karena negeri Sakura itu memiliki teknologi pertanian paling canggih di dunia.

Di sana, kata dia, pengelolaan pertanian tidak menggunakan tenaga manusia. Semua sudah berbasis teknologi. “Baik mengelola lahan, pemupukan hingga panen,” ungkapnya.

Kiblat pertanian dunia, tambah Yusmar, ada di Jepang. Karena itu, Jepang menjadi negara tujuan para petani milenial untuk belajar.

”Kalau kita di sini mengelola pertanian masih manual. Sedangkan di Jepang, untuk menyiram pupuk saja menggunakan alat,” ucapnya.

Ia berharap, setelah kembali dari Jepang, mereka bisa mengimplementasikan ilmunya ke petani untuk meningkatkan produksinya. “Di Jepang tidak hanya belajar soal pertanian sawah, tapi secara umum,” tutupnya.

Baca Juga  Ikuti Jejak Sang Ayah, Kini Giliran Fachri Albar Ditangkap Karena Narkoba

(red/hp)

No More Posts Available.

No more pages to load.