Pojok Mantri Desa BRI Bantu dan Berdayakan UMKM

oleh -46 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus fokus melakukan Pelayanan BRI ke masyarakat terkhusus sektor mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tengah berjuang untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Dalam upaya membantu para pelaku usaha mikro, BRI menerjunkan para ‘mantri’ dalam program ‘Pojok Mantri Desa’ yang berkantor di tengah masyarakat untuk memberikan pendampingan bagi para pelaku wirausaha kecil di desa ataupun kelurahan.

“Program Pojok Mantri Desa atau PMD ini adalah program dari kantor pusat BRI. Memang tujuannya adalah untuk semakin menguatkan penetrasi pelayanan BRI ke masyarakat apa namanya masyarakat mikro,” kata Pimpinan Unit BRI Tulehu, Rizal Adrian Samal, Sabtu (19/6/2021).

Ia mengatakan Karena selama ini Pelayanan BRI secara konvensional bertemu di kantor atau janjian di tempat nasabahnya. Untuk sekarang BRI membawa strategi yang berbeda yakni ‘out of the box’.

“Dimana semakin meningkatkan penetrasi kita ke masyarakat terutama segmen UMKM,” ujarnya.

Baca Juga  SMPK Ambon sudah sosialisasikan persiapan UN dengan orang tua murid

Sebenarnya ini sejalan dengan program pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN). Maka terciptalah program dari kantor pusat BRI bagi seluruh BRI unit di Indonesia agar mantri dapat berkantor di kantor lurah, kantor desa ataupun pasar.

“Di situ ada semacam space khusus dimana dalam sehari itu mantri BRI berkantor di sana mulai pukul 09:00 WIT hingga pukul 12:00 WIT,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sekarang tugas mantri bukan hanya berjualan produk, tetapi pemberdayaan pada masyarakat. Sehingga nilainya sudah semakin bermakna dan menjadi orang yang dikenal di masyarakat.

“Mantri menjadi rujukan untuk bertanya terkait masalah perbankan. Selain itu, Mantri juga menjadi ujung tombak inklusi dan literasi perbankan kepada masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga  BNPB: Pemicu Gempa Ambon Bukan Pengeboran Panas Bumi

Program Pojok Mantri Desa ini pun mendapat apresiasi ucapan terimakasih dari pemerintah dan masyarakat Desa Wayame, Kota Ambon.

Ucapan terimakasih tersebut disampaikan oleh Pejabat Kepala Desa Wayame, Nur Alang Lasalema, di sela-sela acara Pengundian Hadiah Simpedes (PHS) Kantor Cabang Ambon, Periode II Tahun 2020, Sabtu.

Lasalema bilang, program Pojok Mantri Desa sangat membantu masyarakat dalam pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat karena di dalam program Pojok Mantri Desa ada empat kriteria yang sangat memudahkan masyarakat, yaitu dengan mudah bertransaksi, membuka rekening, melakukan pinjaman atau kredit, dan melakukan asuransi.

“Dengan adanya kemudahan ini sehingga warga tidak perlu antri di Bank BRI dan langsung bertransaksi pada kantor desa sekaligus jika masyarakat ingin mengurus administrasi lainnya di kantor desa,” katanya.

Baca Juga  Pemprov Maluku Umumkan Pasien Covid-19 Pertama di Ambon

Lasalema menambahkan, sejauh ini tidak ada kendala terkait program Pojok Mantri Desa, malahan saat ini Pojok Mantri Desa sudah membuat satu aplikasi yaitu pasar online pasar desa Wayame jadi sudah sangat memberikan kemudahan kepada warga Desa Wayame untuk berbelanja di pasar.

Lasalema menambahkan harapan dari desa Pojok Mantri Desa akan tetap berada di desa dan BRI menambahkan program-program baru yang dapat meningkatkan pelayanan ekonomi warga masyarakat di Desa Wayame. (nur)

No More Posts Available.

No more pages to load.