Proyek Gas Rp324 T Disetujui, RI Minta Inpex Segera Eksekusi!

oleh -91 views

Porostimur.com, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif telah resmi menyetujui Revisi 2 Rencana Pengembangan I (Plan of Development/ POD I) Lapangan Abadi, Blok atau Wilayah Kerja (WK) Masela di Laut Arafura, Maluku pada 28 November 2023.

Persetujuan Revisi 2 POD I ini termasuk untuk persetujuan untuk kegiatan penangkapan dan penyimpanan karbon (Carbon Capture & Storage/ CCS).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengungkapkan total investasi untuk pengembangan Lapangan Gas Bumi Abadi Masela ini diperkirakan mencapai US$ 20,95 miliar atau setara Rp 323,86 triliun (asumsi kurs Rp 15.462 per US$). Perkiraan investasi tersebut termasuk untuk biaya CCS sebesar US$ 1,08 miliar atau sekitar Rp 16,8 triliun.

Baca Juga  Cegah Praktik Judi Online, Ponsel Pegawai Rutan Ambon Diperiksa

Dia menyebutkan pengembangan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung ketahanan energi nasional dan mencapai target produksi gas sebesar 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD), yang sejalan dengan pencapaian target Net Zero Emisions (NZE).

Dengan disetujuinya Revisi 2 POD I Blok Masela ini, maka pemerintah meminta operator Blok Masela, yakni Inpex Masela Ltd, bisa segera melaksanakan aktivitas untuk pengembangan blok migas ini.

No More Posts Available.

No more pages to load.