Roberto Mancini, sang Penakluk Kutukan Timnas Italia

oleh -32 views
Link Banner

Porostimur.com | London: Timnas Italia berpesta di Stadion Wembley setelah mengalahkan Inggris dalam drama adu penalti 3-2 usai bermain imbang 1-1 pada laga final Piala Eropa 2020, Senin (12/7/2021) WIB. Tangisan Roberto Mancini pun pecah lantaran ia berhasil mengakhiri penantian 53 tahun puasa gelar di turnamen ini sejak 1968.

Sang penakluk kutukan. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan karier kepelatihan Mancini bersama Gli Azzurri.

Perjalanan karier Mancini bersama Timnas Italia dimulai pada 2018. Penunjukan mantan ahli strategi Manchester City itu diambil setelah Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia 2017, dan itu pertama kalinya terjadi sejak 1958.

Hanya dalam hitungan tiga tahun, Mancini sukses menghadirkan trofi juara untuk publik Italia di Piala Eropa 2020. Menariknya, tak hanya sukses mengangkat trofi juara saja, dia bersama skuatnya juga sukses menjaga rekor tak terkalahkan dalam 34 pertandingan.

Mancini patut berterima kasih pada Leonardo Bonucci dan Gianluigi Donnarumma. Pasalnya, dua pemain itu menjadi aktor penyelamat wajah Timnas Italia di depan penggemar Inggris yang memadati Stadion Wembley.

Baca Juga  DLHKP Kepulauan Sula Soroti Izin CV Azzahra, Begini Penjelasan Direktur!

Bonucci mencetak gol penyeimbang setelah Italia tertinggal di menit kedua melalui gol Luke Shaw. Sementara Donnarumma berhasil menggagalkan tendangan penalti kelima Inggris, Bukayo Saka.

Berkat kontribusinya, Italia telah memenangkan gelar turnamen besar keenam (4 Piala Dunia dan 2 Piala Eropa). Mereka hanya tertinggal satu trofi lagi untuk menyamai catatan Jerman.

(red/sindonews)

No More Posts Available.

No more pages to load.